Les Piano

LES PIANO – Batas Usia Untuk Mulai


Les piano kini sudah menjadi bagian penting dalam pendidikan anak khususnya dalam pengembangan minat dan bakat. Banyak orang tua mendaftarkan anaknya ikut les piano dengan harapan putra-putrinya dapat memainkan lagu di piano dengan indah. Tentunya sangat membanggakan bila kita mempunyai anak yang pandai bermain piano.

Apakah ada batasan usia untuk mulai les piano? Usia berapakah yang paling baik untuk mulai belajar piano (les piano)?

Sebenarnya siapapun dan berapapun umurnya bisa ikut les piano, hanya saja kalau ingin putra-putri kita dikemudian hari disaat ia dewasa kelak mereka pandai bermain piano maka sebaiknya dari kecil disediakan jadwal khusus untuk les piano.

Idealnya rentang umur 6 s/d 11 tahun merupakan usia baik untuk mulai didaftarkan les piano. Tapi ingat! Sebenarnya patokan umur selalu dapat bervariasi tergantung keadaan mental dan perkembangan musikal setiap anak.

Bagaimana bila usia balita didaftarkan les piano? Apakah umur 3 tahun sudah bisa ikut les piano? Nah, kalau umur 3 tahun bagusnya dimasukkan ke kelas musik playgroup, dikelas tersebut anak dikenalkan dengan musik, dilatih merasakan dan menikmati musik, belum diajarkan piano secara khusus.

Umur 4 tahun sudah bisa didaftarkan les piano tapi tidak langsung diajarkan satu atau beberapa buah lagu karena jari-jarinya masih terlalu kecil dan berat untuk menekan tuts piano, harus ekstra sabar agar benar-benar bisa menekan tuts piano dengan baik. Usia 4 s/d 5 tahun belajar piano dengan cara belajar sambil bermain. Jadi, sebagai orang tua jangan terlalu ngotot atau kesal kalau putra-putrinya membutuhkan waktu lama sekali untuk bisa sekedar memainkan satu buah lagu saja.

Bagaimana kalau ingin les piano tapi usianya sudah diatas 11 tahun? Apakah bisa berkembang dengan baik

Tergantung tujuan kita atau anak kita ingin les  piano itu untuk apa? Apa ikut les piano tujuannya ingin jadi pianis hebat dan terkenal seperti Maxim / David Foster? Atau sekedar hobi atau untuk mengisi waktu luang atau mungkin hanya ingin menyalurkan bakat dan minat saja? Kalau hanya untuk hobi atau menyalurkan minat dan bakat maka usia dewasa tidak menjadi masalah ikut les piano.

Perlu diketahui, saya (penulis) sebagai pengajar piano selain mengajar anak2 dan dewasa pernah juga punya murid usia 40 tahun bahkan saya juga pernah mengajar piano ibu-ibu pensiunan yang semangat mereka ikut les piano sekedar hobi dan mengisi waktu luang.

Kalau ingin anak kita pintar bermain piano dan dikemudian hari menjadi pianis handal maka selayaknya dari kecil diikutkan les piano, dan sebagai orang tua harus mendukung dan mengawasi anaknya latihan piano dirumah dengan porsi latihan minimal sehari 3 jam! Bila jadwal anak terlalu padat maka bisa dikurangi menjadi sehari 1 jam latihan piano. Jangan latihan hanya saat mau berangkat les piano saja, setelah les piano selesai, tidak latihan lagi dirumah, jangan seperti itu. Kalau seperti itu maka jangan heran kemajuannya sangat lambat, mungkin para orang tua akan berkomentar,

”mengapa anak saya tidak ada kemajuan?”, “dari dulu kayanya lagunya cuma itu-itu aja…”, “duh, payah bener, masa setahun les piano belon bisa apa-apa!” dll.

Ingat!  Pianis-pianis kelas dunia selalu meluangkan waktu sehari minimal 5 jam berlatih piano, apalagi menjelang konser, mereka bisa menghabiskan waktu sehari 7 jam lebih berlatih piano!

Nah, kalau jadwal anak terlalu padat dan latihan piano dirumah hanya 1 jam saja dalam seminggu, itupun latihan sebelum berangkat les piano, harap maklum kalau putra-putri anda tidak maju-maju bermain pianonya. Tapi bila anda hanya berharap les piano sebagai minat dan hobi saja maka tidak mengapa latihan dirumah cukup seadanya saja.

Artikel terkait => Piano Private

________________________________________________________________________________________

About these ads
  1. May 9, 2010 at 9:29 pm

    saya 19 tahun, apa saya sudah terlambat untuk belajar piano?
    kalau mau belajar dari awal bisa ga ya? ada ga tips n’ trik.a belajar piano secara otodidak tolong balas lewat e-mail saya

    • May 10, 2010 at 7:27 pm

      kalo mau jadi pianis sekelas maxim/david foster bisa dibilang terlambat kalau belajar piano dari usia 19 tahun, tp kalo sekedar hobi atau sekedar bisa main piano saja maka tidak ada kata terlambat. lihat dulu niatan awal belajar piano mau kearah mana?
      hobi atau profesional?

      nah, sebenarnya bisa saja mba dechan menjadi mahir dan bisa dikatakan sebagai pianis profesional dengan catatan:
      1. Rutin latihan sehari minimal 5 jam dan latihan laksanakan minimal selama 5 tahun non stop!
      2. Latihan dengan metode yang benar dan teratur dengan fokus belajar musik klasik (sangat baik utk teknik penjarian) dan jangan lupa mengasah kemampuan improvisasi (supaya bisa aransemen musik juga).

      bila mba dechan sanggup melaksanakan anjuran saya tersebut latihan minimal 5 jam sehari dan latihan rutin selama 5 thn, walaupun usia sudah 19 tahun, saya berani jamin, tahun 2015 atau 2016 nanti disaat usia mba dechan 25-an, silahkan mba dechan turun gunung!!
      5 thn kemudian mba dechan sudah siap tempur misalkan terjun ke dunia industri musik atau hiburan atau minimal menjadi pemain organ tunggal, hehehe :)

      mau belajar piano secara otodidak??
      1. bisa belajar piano menggunakan software pembelajaran piano (sangat banyak software yg tersedia) utk info selengkapnya silahkan tanya mbah google.
      2. telah banyak juga tersedia video-video (VCD/DVD) pembelajaran piano, silahkan cari di toko video.
      3. kalau tdk mau repot cari video2 di toko, coba manfaatkan http://www.youtube.com , saya lihat banyak tersedia video pembelajaran piano di youtube. silahkan cari sendiri :)
      4. belajar otodidak bisa juga dari buku yg dikhususkan utk belajar piano sendiri tanpa guru, mau bukunya?? jangan harap dg mudah menemukan buku tsb di toko buku gramedia atau gunung agung. buku2 tsb sangat jarang tersedia krn buku import, memang susah mendapatkannya…
      tp jangan kecewa dulu!! mbah google selalu serba ada, mengapa tidak cari di google? :)

      Tahapan belajar piano utk pemula (dari yg belum pernah menekan tuts piano sama sekali) :
      1. belajar bagaimana cara duduk yg benar, posisi lengan dan jari pada saat menekan piano, ini adalah basic yg sangat penting!
      2. setelah posisi duduk dan posisi tangan+jari sudah oke, silahkan latih menekan tuts piano (belajar membaca not balok, melatih lagu dg memperhatikan tanda dinamik atau ekspresi, dll)
      3. jangan lupa latih improvisasi kalau tertarik dg musik2 modern/pop.

      oke, selamat berlatih :)

  2. iwan
    May 23, 2010 at 9:28 pm

    Halo,
    saya udah umur 40an dan sekarang ini saya amat sangat ingin bisa main piano. Saya sudah mulai kursus piano dan malah sudah berniat membeli piano agar bisa latihan sendiri di rumah. Bagaimana cara agar saya bisa belajar efektif dan segera bisa paling tidak memainkan lagu pop dengan piano?? kira-2 butuh berapa lama ya saya bisa main piano? apakah perlu saya tambah dengan memanggil guru privat?
    Mohon pencerahannya.
    Terima kasih

    • May 24, 2010 at 7:28 pm

      Halo pak iwan,
      Salam kenal :)

      Kalau belajar piano pop yang terpenting adalah penguasaan Chord, pola iringan dan improvisasi.
      Sedangkan musik klasik lebih ditekankan pada membaca partitur piano (notasi balok).

      untuk bisa memainkan sebuah lagu pop pertama2 harus menguasai chord terlebih dahulu. Bila chord dasar sudah hapal baru ke tahap pembelajaran pola iringan (misalnya bagaimana cara mengiringi penyanyi atau bermain piano sambil bernyanyi).

      Cara Latihan:
      - bila pemula, hapalkan chord dasar dulu misalnya:
      Chord C, Dm, Em, F, G dan Am.
      utk hasil yg lebih baik bisa dijadwalkan latihan yg teratur dan buat target hasil latihan! misalnya dalam minggu ke-1 menghapal chord C, F dan G. pada Minggu ke-2 menghapal Chord Dm, Em dan Am.

      - setelah chord yg paling mudah dimainkan sudah hapal, di Minggu ke-3 mulai latihan membuat pola iringan paling sederhana (tentunya kalau jari sudah terbiasa menekan tuts piano dan tidak terlalu kaku). Jadi target dalam 1 bulan sudah hapal chord-chord dasar tsb dan sudah bisa memainkan pola iringan yg paling sederhana.

      - pada bulan ke-2 dst. mulai menambah perbendaharaan chord, seperti chord Cm, D, E, Fm dll. juga variasi pola-pola iringannya ditambah.

      - setelah Semua chord mayor dan minor sudah hapal, mulai menghapal Inversi / pembalikan chord (bila tdk tahu apa itu inversi/pembalikan chord, silahkan tanya ke guru piano anda), dan mulai belajar memainkan melodi lagu dengan tangan kanan serta pola iringan pada tangan kiri.

      - dan seterusnya… dan seterusnya…

      Mengecek keberhasilan latihan:
      cara mengecek simpel saja, coba anda mainkan chord C, lalu pindah ke F lalu ke G dan kembali lagi ke chord C. coba variasikan juga dg chord2 lainnya misalnya chord pd lagu yg paling mudah misal lagu “lupa2 ingat” (kuburan), mainkan chord C – Am – Dm – G – C.

      perhatikan, apakah anda sudah bisa memainkan chord2 tsb dengan cepat dan tanpa salah? dan jarinya sudah tepat menekan tuts tanpa kepeleset?
      berpindah chord harus sudah lancar dan tidak mikir2 lagi, “duh.. chord Am gimana ya… begini kali ya??”
      nah, kalau masih belum lancar artinya anda belum berhasil tapi kalau sudah lancar maka saya ucapkan “SELAMAT”.
      anda sudah layak utk melangkah ke materi tahap berikutnya :)

      Kira2 butuh berapa lama bisa main piano??
      tergantung latihannya, kalau belajar piano hanya pada saat les saja, setelah guru pulang tidak latihan hingga pertemuan berikutnya, yahh… saya berani jamin, 1 tahun masih tdk bisa apa2,,
      tp kalau latihannya rajin (karena aktifitas padat, jadwal latihan maka diatur sedemikan rupa) saya berani jamin dalam waktu beberapa bulan atau paling cepat 1 bulan sudah bisa main piano ngiringin orang nyanyi walaupun pola iringannya masih sangat sederhana.

      jadi intinya, butuh berapa lama supaya bisa main piano, tidak ada jawaban yg pasti, yg bisa menjawab hanyalah waktu…
      semakin sering latihan maka semakin cepat bisa :)

      apakah perlu di tambah dengan memanggil guru privat?
      sebenarnya maksudnya baik yaitu supaya cepat bisa, tapi justru ini bisa menjadi masalah, penerapan metode belajar yg diberikan guru tdk sama antara guru yg satu dan guru yg lainnya. ini bisa membingungkan si murid.

      apalagi kalau belajar aliran musik yg sejenis pada ke 2 guru tsb (misal guru 1 mengajarkan pop, guru ke-2 mengajar piano pop juga), menurut saya ini tidak baik, bisa tabrakan!!

      kecuali ke-2 guru tsb alirannya berbeda, contoh guru ke-1 mengajarkan musik klasik (murid fokus pada membaca not balok dan melatih teknik) sedangkan guru ke-2 mengajarkan piano pop (fokus pada chord, pola iringan dan improvisasi), ini tidak masalah,
      tp nanti anda malah bisa kerepotan sendiri, PR dari guru piano klasik belum dilatih, sementara PR dari guru piano pop juga belum dikerjakan, ditambah aktivitas anda yg padat! anda akan kewalahan sendiri…

      jadi hasilnya malah tidak maksimal karena anda tidak fokus,

      *******

      tetapkan apa yg anda inginkan, kalau anda ingin bisa main piano pop maka cari guru piano pop, jangan khawatir kalau anda tdk bisa baca not dan sama sekali belum pernah main piano, guru anda pasti punya kiat2 jitu agar anda bisa main piano pop.
      kalau senang piano klasik, ya cari guru piano klasik, dan biasanya kalau belajar piano klasik maka fokusnya hanya lagu2 klasik saja, kecuali guru tsb bisa bermain piano pop dan anda meminta diajarkan piano pop juga itu tidak masalah asalkan guru anda tidak keberatan.

      tapi kalau guru piano klasik anda tdk menguasai piano pop… ini sulit buat anda utk belajar piano pop,
      anda hanya akan mendapatkan pendidikan piano klasik saja
      (silahkan konsultasikan dg guru piano anda)

      oke, demikianlah sedikit masukan dari saya,
      Selamat Berlatih, Sukses buat anda!!

      -junaidi-

  3. Iwan
    June 6, 2010 at 5:28 pm

    Dear Pak Junaidi,

    Terima kasih atas penjelasannya yang begitu detail.

    Saya kursus piano klasik pak, dan guru saya sepertinya hanya focus pada klasik saja dan kuran berminat untuk ditanya tanya masalah piano pop. Lagipula karena waktu pertemuan yang begitu terbatas kemungkinan membuat guru tersebut harus focus pada kurikulumnya.

    Saya amat sangat tertarik dengan chord-2 tersebut pak, dan ingin sekali belajar bagaimana memainkan chord-2 tsb sehingga paling tidak saya bisa memainkan piano dengan/atau tanpa vocal, misal menyanyikan lagu “Bunda” Melly Goeslaw, dan lainnya.
    Sehingga lumayan pak buat penghilang stress dan penat setelah macet di jalan atau pekerjaan :)
    Bagaimana saya bisa mulai belajar pak?? apakah ada bukunya yang dijual ? dan apakah mudah kalo kita belajar chord sendiri hanya dengan buku ??
    Kalo diperlukan guru privat pembimbing, apakah bapak punya referensi? saya tinggal di daerah cibubur dan tentunya waktu saya hanya hari libur sabtu/minggu. Dan berapa biayanya??

    Terima kasih pak mohon pencerahannya lagi.

    Salam,
    Iwan

    • June 9, 2010 at 4:10 pm

      Kalau buku2 chord untuk piano atau keyboard (penulis lokal) banyak yang jual, saya sering lihat di toko buku gramedia,
      sedangkan buku2 musik import jarang ditemui biasanya kalau dijual ditempat2 tertentu saja.
      Di internet skrng sudah banyak tersedia ebook2 musik, silahkan manfaatkan internet, download lalu di printer.

      sedangkan belajar chord sendiri dengan menggunakan buku ya… bisa dibilang gampang2 susah,,
      utk hasil yg terbaik sebaiknya memang berguru langsung dg guru yg berpengalaman atau kalau mau belajar otodidak bisa juga belajar dg teman yg mengerti musik.

      untuk biaya privat piano bervariasi mulai dari 100rb s/d 250rb per-datang (per 1X pertemuan), bahkan tidak jarang guru privat yang memasang tarif hingga 500rb bahkan lebih utk per 1X pertemuan (biasanya guru tsb adalah seorang artis ternama atau statusnya musisi kondang)

      informasi lebih lanjut mengenai biaya privat piano silahkan klik => disini

      Terima Kasih,
      Junaidi

  4. Rasyid
    June 14, 2010 at 12:04 am

    Halo…
    Saya sekarang berusia 17 thn, saya sangat tertarik sekali mengenai piano dan sudah beberapa bulan belakangan ini saya belajar piano secara otodidak baik itu via buku, video, dan sesekali lewat software. saat ini sepertinya saya fokus untuk belajar piano pop, setelah sekian bulan belajar saya menyadari bahwa improvisasi saya masih kurang baik dalam bermain maupun mengiringi lagu, dan saya ingin tahu tips dan materi apa saja yang harus saya lakukan pelajari agar saya bisa mendapatkan suatu improvisasi yang baik dan bagus seperti apa yang biasa saya liahat musisi di telivisi sedang bermain.
    Saya ingin memperasah lagi kemampuan bermain saya, itu karena saya sekarang mempunyai banyak waktu luang dirumah pasca lulus dari SMA.
    Terima kasih….!!!!!

    • June 14, 2010 at 3:12 pm

      Salam kenal utk mas rasyid :)

      Sebelumnya perlu kita pahami dulu macam2 dari improvisasi:
      1. Improvisasi melodi => utk memahami gampangnya gini, contohnya ga usah yg susah2 dulu ya? misalnya lagu burung kakak tua. silahkan mainkan lagu burung kaka tua hanya melodinya saja (utk melihat notasi melodi asli lagu burung kaka tua silahkan lihat pada buku kumpulan lagu daerah). lalu latih dg memperluas melodi aslinya, membuat variasi2nya dan silahkan eksperimen dengan mengubah nada2nya. itulah improvisasi melodi.

      Improvisasi melodi tekniknya banyak, contoh tekniknya: sub-division, retardation, anticipation, leading not, dll.. (bila memungkinkan, lain waktu akan saya jelaskan teknik2 tsb)
      sebenarnya banyak ebook2 yg membahas tentang improvisasi melodi, silahkan cari sendiri di google :)

      2. Improvisasi pada Chord => bisa dibilang ini adalah teknik yg fokus pd variasi pergerakan chord. maksudnya begini, pada lagu burung kaka tua coba cari sendiri chordnya tanpa bantuan siapapun. misalkan main di C mayor. maka chord dasar yg digunakan adalah C, F dan G. Bila sudah menemukan chord2nya coba ditambah dg menambahkan dg chord2 sekunder (pd tangga nada C mayor, chord sekundernya yaitu: Dm, Em dan Am). terus latih spt itu pada lagu2 lainnya (lagu yg mudah2 dulu)
      Utk mempelajari variasi2 chord ini juga sebenarnya ada ilmunya, banyak juga ebook2 yg khusus mempelajari pergerakan chord pada melodi.

      3. Improvisasi pola iringan pada piano => terbagi menjadi 2:

      3.1 Pola Iringan Tanpa Melodi (khusus mengiringi vokal/penyanyi), cotohnya dengarkan lagu Kupu-kupu ciptaan Melly Goeslaw. Pada permainan pianonya hanya vokus pada iringan piano saja tanpa memainkan melodi dari vokal/penyanyi.

      3.2 Pola iringan dengan sekaligus memainkan melodinya.
      contohnya begini, coba deh dengarkan lagu2 dari Richard Clayderman. bila dilihat pada notasi balok lagu2 tsb, tangan kanan memainkan melodi sementara tangan kiri adalah pola iringannya.

      nah, utk mempelajari pola2 iringan tsb bisa menambah referensi dg mempalajari dari buku2 piano pop, mainkan lagunya lalu pelajari pola iringannya. setiap pianis memiliki gaya yg berbeda. dulu saya sangat senang dengan lagu2nya Richard Clayderman, krn itulah skrng saya sudah memahami gaya improvisasinya si Richard Clayderman. Lalu saya juga pernah mempelajari lagu2nya Yanni. Saya coba tiru gaya2 improvisasinya dari Si Yanni. kemudian saya tertarik dg lagu2nya David Lanz, skrng saya sedang mempelajari “gaya improvisasinya” si David Lanz. hingga akhirnya saya mempunyai ide ingin menciptakan ciri khas permainan piano gaya saya sendiri.

      kalau ingin mempelajari ilmu2 improvisasi melalui buku, kuasai dulu ilmu Teori Dasar Musik.
      Saya yakin, para musisi yg lihai dalam improvisasi piano pasti kuat dalam hal ilmu teori musik dasar dan pastinya mereka juga mengerti ilmu2 improvisasi.
      selain ilmu improvisasi masih ada ilmu2 lainnya, seperti ilmu Harmoni dan Kontrapung. memahami ilmu2 tsb tentunya mempengaruhi kemampuan seseorang dlm improvisasi.

      dan ingat, tidak ada ilmu yg instan, tidak mungkin belajar piano baru 1 tahun tapi ingin bisa lihai seperti musisi2 ternama. butuh waktu dan kerja keras.

      masukan dari saya: Belajar dan Terus Belajar!!!
      :)

  5. June 15, 2010 at 6:18 pm

    saya aulia..umur saya 11 tahun.saya tinggal di pangkal pinang.
    di sekolah saya sering di bilang LIANO{AULIA PIANO}..
    karna saya sangat suka piano jazz n clasic n semuanya,tpi saya g’ bsa mainin semua piano itu..
    saya sering lihat acara2 ato konser dimana-mana..dan saya pernah lihat adik kelas saya main piano juara lagi…
    dan saya ingin seperti dia..
    saya ingin menjadi seniman yang bisa main music apa aja..tpi,masalahnya saya tidak bisa memainkannya..
    menjadi seorang pianis yang terkenal adalah cita-cita saya dari dulu..
    saya ingin membahagiakan orang tua dengan cara seperti ini..
    ini adalah curhatku untuk semua yang baca..
    sekarang,aku ingin pesan ini dibalas ya..
    dan tolong kasih tau cara main piano apa aja!!
    sama not-not lagu barat n khususnya lagu band2 indonesia yang terkenal..
    aku mohon secepatnya dibalas ya..n satu lagi kasih tau mana kunci A,B,C,D,semuanya deh..
    ada ya kunci b???

    • June 18, 2010 at 6:33 am

      untuk aulia,
      saran saya sebaiknya aulia minta izin ke orang tua supaya diperbolehkan mengikuti les piano disekolah musik yang lokasinya dekat dengan tempat tinggal aulia.
      mungkin awalnya belajar piano klasik dulu sekitar 1 sampai 3 tahun, setelah itu baru pindah jurusan ke piano pop/jazz.

      kalau mau belajar chord dipelajari dari buku2 lagu, coba cari di toko buku terdekat, biasanya pada buku2 lagu kadang diselipkan gambar letak chord di tuts pianonya (kunci = Chord).
      untuk macam2 kunci selain kunci C,Dm,Em… ada juga kunci B, bahkan kunci lemari pun ada!!!
      hehehe

      oke deh,
      selamat belajar!! :)

  6. Rasyid
    June 15, 2010 at 9:28 pm

    Waah Terima Kasih ya Pak atas nasihat, saran, serta masukannya.

    Tapi apakah ada porsi latihan khusus untuk improvisasi pak setiap kita latihan??
    Dan kalau boleh tau niihh pak apa saja sih materi-materi yang sesuai kurikulum yang diajarkan seprti ditempat les piano terutama untuk Piaono Popnya?? karena saya pun sangat antusias dan mulai serius untuk menekuni ini karena minimal saya disaat mulai kuliah nanti sambilan bisa membentuk band lah…!!!

    • June 18, 2010 at 6:11 am

      Sebaiknya dibuat target,
      misalnya minggu pertama menghapal tangga nada mayor (dari C, Cis, D, Dis hingga B mayor), minggu kedua menghapal tangga nada minor (minor harmonis dan melodis), minggu ke tiga menghapal semua chord mayor dan inversinya, minggu ke empat menghapal chord minor dan inversinya,, dan seterusnya…
      jadi selain latihan improvisasi/aransemen/membuat komposisi juga melatih teknik.

      materi/kurikulum setiap sekolah musik pasti beda2,
      misal di LPM Farabi untuk jurusan piano kontemporer (jazz) materi yg diberikan diantaranya : chord, tangga nada, teori musik, analisa ritme, ear training, sejarah musik kontemporer, solfegio, komposisi dan aransemen, dan lain-lain

  7. kayz
    June 19, 2010 at 3:19 pm

    Salam kenal Pak Junaidi…
    saya umur 20 tahun dan saya sudah belajar piano dari SMP.. tp karena kurang rajin berlatih mentok di grade 5 dan sekarang masih berlatih.
    btw bisa kah pak Junaidi memberikan tips bagaimana tehnik hearing? saya ingin seperti teman saya yang mendengarkan lagu(lagu pop) tertentu bisa mengerti kunci apa yang digunakan untuk bermain. terima kasih..

    • June 19, 2010 at 11:41 pm

      untuk latihan hearing sebenarnya banyak caranya,

      cara pertama:
      belajar dg cara otodidak
      bisa dg cara membiasakan ngulik/mencari/menemukan sendiri chord dari sebuah lagu, awalnya lagu yg mudah dulu, cari lagu yg hanya misalnya memakai 3 chord saja. dengarkan lagunya lalu coba temukan sendiri chordnya tanpa melihat buku lagu. terus latih seperti itu. nanti lama2 juga ngerti sendri,
      “oh.. kayanya abis ini chordnya ke sini deh, tuh kan!!”
      “hmmm… kayanya yg ini sih chordnya D minor,, soalnya kalo E minor ga pas…”
      terus perbanyak mendengar lagu dan cari chordnya di gitar/keyboard/piano.

      contoh lagu yg chordnya mudah :
      1. Lupa2 ingat (kuburan)
      2. bujangan (koes plus)
      3. andai ku tahu (ungu)
      4. dll

      cara kedua:
      Dengan bantuan software musik,

      banyak software2 pendidikan yg fokus pada latihan hearing/ear training,
      contoh software tsb yaitu:
      - Ear Pro
      - Auralia

      saya ambil contoh Ear Pro,
      dulu saya pernah menggunakan software ini, didalamnya terdapat banyak macam dan variasi latihan yg sangat bagus utk meningkatkan kemampuan hearing atau ear training. seperti latihan interval, menebak pola2 chord dan inversinya, latihan membedakan chord2 yg lebih spesifik spt menebak apakah ini chord Mayor7 atau Minor7, dll…

      menggunakan software ini mungkin awalnya kita mendapati soal2 yg mudah, kita diperdengarkan sebuah nada/chord lalu nanti kita disuruh menjawab dari soal yg diberikan, lama2 semakin susah dan terus semakin susah!!
      bilamana setengah saja dari keseluruhan level sudah bisa “ditamatkan” artinya kemampuan hearing anda sudah lumayan.
      apalagi kalau keseluruhan latihan bisa ditamatkan dg sempurna berarti anda memiliki pendengaran mutlak, mungkin hanya selevel mozart saja yg sanggup menamatkan semua latihanya,,

      saya pernah mencoba software ear pro, pada latihan level tertentu saya selalu mentok maka saya sadar,, “ternyata saya harus banyak latihan lagi…”

      Selamat Mencoba,
      (jangan tanya saya bagaimana cara mendapatkan software2 tsb, silahkan cari sendri di google) :)

  8. Rasyid
    June 20, 2010 at 12:11 am

    Pak Jun, ada perbedaan yang signifikan gk siih kalau disaat latihan kita menggunakan digital piano dan suatu ketika bermain pada piano akustik walaupun tipe tuts pada digital piano granded hammer, apakah ada sesnsasi saat menekan tuts yang berbeda ketika kita bermain…?
    Dan juga saat kapan sihh fungsi pedal pianissimo itu digunakan??

    • July 9, 2010 at 9:06 pm

      jelas ada perbedaannya lah,
      seseorang bila latihan digital piano yg tutsnya sangat enteng (katakanlah se-enteng keyboard yamaha PSR),
      bila suatu kesempatan ia mencoba bermain pianodigital/piano/grandpiano/babygrand yg tutsnya berat, pasti ia akan sangat kewalahan sekali dan tidak mustahil saat bermain tempo cepat banyak tuts yg tdk tertekan (tidak bunyi) krn kekuatan jarinya yg begitu lemah…

      kalau mau jari menjadi kuat, latihan di piano/digital piano yg tutsnya berat

      dan kalau ada kesempatan bermain type piano digital dg merek yg berbeda sebaiknya silahkan dijajal, semakin sering menjajal berbagai tipe piano dan tipe digital piano merek lain semakin bagus utk membiasakan jari beradaptasi dg berbagai macam karakter tuts

      PIANISSIMO,
      pianissimo banyak digunakan pada lagu2 piano klasik, pada beberapa komposisi utk mendapatkan efek lembut yg sangat lembut biasanya dimainkan dg pedal pianissimo.
      utk orang awam, menekan tuts dg pedal pianissiom dan menekan tuts tanpa pedal tsb, mereka tdk akan merasakan perbedaan suaranya.
      bahkan banyak juga dari mereka yg belajar piano tp tdk bisa membedakan bunyi tuts dg menekan pedal tsb.

      kalau penasaran silahkan dicoba, andaikan setelah mencoba tidak berhasil merasakan perbedaannya, silahkan ikuti tips berikut:
      - suasana sekitar usahakan sepi,hening, tdk ada suara2 lain, mungkin bisa dicoba jam 10 malam keatas
      - tekan sembarang tuts dg lama tanpa pedal ditekan, lalu angkat jarinya dan tunggu sejenak, kemudian tekan lagi tuts yg sama dg lama dg pedal juga di injak. rasakan bedanya.
      - setelah mencoba berkali2 tidak bisa merasakan perbedaanya, ya coba terus sampai merasakan bedanya, kalau perlu coba terus non-stop selama setengah jam!!
      - andaikata setengah jam nyoba tapi masih belon bisa ngerasain bedanya, saya yakin, mungkin anda memang benar2 bolot… :p

      jadi intinya, pianissimo digunakan utk memberikan efek lembut yg sangat lembut tergantung komposisi musiknya

  9. Rasyid
    July 18, 2010 at 6:29 pm

    OOhh iya Pak Jun, berat tuts digital piano di rumah saya disitu katanya dikatakan sebesar -/+ 26 lbs. Apakah itu cukup berat Pak Jun untuk beradaptasi pada Grand Piano/Babby Grand atau mungkin Upright Piano??

    Pak request friend dari di fb Pak Jun udah di confirm blom???

    • July 20, 2010 at 5:13 am

      kurang lebih tuts pada piano upright/baby grand segitulah beratnya, walaupun pada beberapa merek/type tertentu ada yang lebih berat dari itu. bahkan ada juga piano yg berat tutsnya lebih ringan dari 26 lbs.

      fb silahkan dicek :)

  10. Rasyid
    July 22, 2010 at 4:10 pm

    Saya pake Casio Privia PX-330, udah lama banget saya pak nggak neken-neken tuts piano akustik, terakhir kali itu pun pas saya maen ke SD saya, Ortu saya masih ragu beliin saya piano akustik!!!

    trus apakah solfegio itu bagian dari hearing yh pak!!!
    itu seperti dikte nada kn pak yah,,

    iya pak makasih confirmnya…

    • September 26, 2010 at 12:04 am

      benar, solfegio adalah bagian dari hearing juga,
      jadi kalau hearing-nya sudah bagus pasti solfegionya bagus juga :)

      * solfegio adalah metode bernyanyi dengan menggunakan sistem solmisasi

  11. October 22, 2010 at 7:31 pm

    Permisi pak, saya siswi SMP kelas 1, saya sngat tertarik utk mempelajari piano, kira2 brapa uang yg hrus saya siapkan utk les piano ? sperti di Yamaha, Toyo, dll ?
    trimakasih :-)

    • November 3, 2010 at 8:35 pm

      untuk mengetahui perbandingan biaya kursus piano silahkan lihat => di sini

  12. nony
    November 2, 2010 at 7:27 pm

    saya 13 th. sya suka sekali dg piano. tapi saya suka bermain piano. jika saya les, kira-kira butuh waktu brapa th untuk bisa dan lancar main piano..???

    • November 3, 2010 at 8:25 pm

      kalau sanggup belajar piano sehari 5 jam pasti kemajuannya sangat pesat! Mungkin karena kesibukan setelah pulang sekolah banyak kegiatan atau les ini itu, trus malem2nya belum lagi mengerjakan PR sekolah atau bermain game atau dll, lalu muncul pernyataan: “Duh.. ga punya waktu untuk belajar piano! jadwal sehari2 sangat padat…”

      silahkan atur waktu dengan sebaik2nya!
      kalau tidak sanggup belajar piano sehari 5 jam, ya sudah… dikorting saja ya?? kalau begitu sehari cukup 3 jam saja.
      (apaaa??? 3 jam masih terlalu berat??) ckckck

      ya sudah, minimal sehari 1 jam saja deh tapi rutin dan tertib latihannya usahakan jangan putus kalau tdk terpaksa. Dijamin nanti saat nony kuliah pasti skill-nya dah lumayan :)

      *latihan piano sehari 1 jam rutin setiap hari adalah lebih baik daripada latihan sekaligus 5 jam dlm 1 hari tapi besoknya berturut2 tidak latihan lagi.

  13. miya
    November 6, 2010 at 4:18 pm

    saya pingin banget bisa main piano, usia saya 17thn, les piano dijogja dimana ya? kira2 biayanya berap?

    • November 9, 2010 at 10:26 pm

      Waduh, kalau lembaga kursus musik di daerah jojga saya tidak tahu informasinya, kalau untuk kisaran biayanya kurang lebih sama disetiap daerah. yang jelas semakin bagus dan berkualitasnya sekolah musik maka otomatis biayanya pun pasti lebih tinggi.

      untuk mengetahui kisaran biaya les piano disekolah musik atau les piano privat guru kerumah silahkan lihat disini => http://lespiano.wordpress.com/2009/12/24/kursus-piano/

  14. ria
    November 28, 2010 at 4:53 pm

    Saya umur 15 tahun. cuma bisa main pianika. apa udah telat kalau mau mahir main piano aliran musik klasik? kira-kira brapa tahun ya? trimakasih.

    • November 29, 2010 at 8:39 pm

      untuk belajar musik klasik sebenarnya tidak telat walau umur sudah 15 tahun, tapi kalau belajar piano targetnya menjadi anak berbakat ya… bisa dibilang telat karena umur 15 tahun mungkin kategorinya bukan anak2 lagi :p
      tapi kalau targetnya untuk jangka panjang,, misalnya umur 20-an sudah harus pinter main piano, silahkan saja memperdalam piano klasik mulai dari sekarang :)

      saya yakin kalau ria sanggup latihan 5 jam sehari dan rutin sepanjang tahun maka 5 tahun kemudian atau disaat umur ria sudah 20-an pasti sudah OKE!! main pianonya!! :)

      nah, kalo latihannya cuma 30 menit setiap harinya, apalagi tidak rutin setiap hari malahan latihan sempetnya mungkin cuman seminggu sekali bahkan 1 bulan sekali!!
      yah…
      latihan sampe jadi nenek2 juga belon ada apa2nya,,

  15. miu
    December 15, 2010 at 6:52 pm

    saya umur 22tahun.. sebenarnya sudah dari SMP kls 1-2 belajar piano + keyboard..habis itu berhenti.. skrg saya mau belajar lagi tapi cuma untuk sampai bulan 2 tahun dpn.. jadi kalo mau belajar 1 lagu itu perlu brp lama dan hrs latihan tetap 5jam sehari?

    makasih..

    • December 15, 2010 at 11:14 pm

      sebenarnya sulit dipastikan 1 buah lagu butuhnya berapa lama latihan…
      tapi yang jelas kalau mempelajari lagu yang sangat sulit (tingkat kesulitan lagu jauh diatas kemampuannya si murid) pasti butuh waktu yg lama utk mempelajarinya, tidak jarang seorang murid mempelajari sebuah lagu sampai ada yg 3 bulan baru bisa menguasai.

      sebaiknya untuk belajar lagu apa saja, disesuaikan dengan levelnya:
      katakanlah misalnya levelnya masih elementer maka carilah lagu yg levelnya elementer,
      seandainya levelnya elementer tapi belajar lagu2nya yg levelnya tinggi ya… pasti butuh waktu sangat amat lama,

      apakah harus latihan 5 jam sehari?

      misalkan seseorang mempelajari lagu minuet (sesuai levelnya) misalnya butuh waktu satu minggu baru bisa dikuasai lagunya. setelah di amati ternyata si murid ini belajar 1 jam setiap harinya, dan satu minggu kemudian akhirnya murid tsb bisa menguasai lagu minuet.

      nah, kalau dihitung jadinya spt ini:
      latihan sehari = 1 jam
      (latihan rutin selama 7 hari)

      total latihan selama seminggu:
      1X7= 7 jam seminggu

      artinya si murid tsb membutuhkan total latihan 7 jam untuk menguasai lagu minuet dengan latihan setiap harinya 1 jam.
      silahkan dibayangkan bila si murid tsb latihan sehari 5 jam! maka pada hari yg kedua mrd tsb sudah menguasai lagu minuet.

      kesimpulan:
      - berapa lama wkt yg dibutuhkan tergantung tingkat kesulitan lagu dg levelnya si murid, semakin sulit tingkat kesulitan lagunya maka semakin lama wkt yg dibutuhkan, dan semakin mudah tingkat kesulitan lagunya maka semakin cepat dikuasai.
      - utk hasil yg maksimal harus latihan dg rutin.

  16. Debby Ramadhani Wijaya
    January 23, 2011 at 11:19 am

    Saya sudah berumur 12 tahun, tapi saya ingin sekali bisa piano yang klasik, inginnya sih jadi profesional, udah terlambat apa belum ya ???

    • March 3, 2011 at 10:01 pm

      belum terlambat,

      asalkan sanggup latihan sehari minimal 5 jam maka 8 tahun kemudian atau saat usia kamu sudah mencapai 20 tahun saya berani jamin pasti kamu sudah hebat main pianonya :)

  17. luci
    February 1, 2011 at 1:45 pm

    waow!!! baru tau ada blog macam ini…. sekalian aja saya nanya… boleh kan Pak?? heehee… saya itu sebenernya suka musik… dari dulu juga pengen banget belajar musik, cuma buat minta les ke orang tua masih nggak tega, soalnya biaya sekolah dan lain-lain aja udah di atas rata-rata sampe bisa dibilang super mahal… jadi saya sih niatnya belajar sendiri… sempat belajar gitar sendiri dan lumayan berhasil sih walaupun nggak bisa dibilang sangat bagus… heehee…

    nah,, sekarang saya sedang kepengen belajar piano… sulit nggak sih Pak untuk belajar piano tanpa les?? dan 1 lagi masalahnya… saya nggak bisa baca not, baik itu not balok maupun not angka… biasanya saya mendengarkan musik atau lagunya dulu,, baru saya nyanyiin atau mainkan dengan gitar sesuai yang saya dengar ditambah improve2 dikit… kalo piano,, bisa nggak belajar dengan cara kayak gitu Pak?? terima kasih ^^ Tuhan berkati…

    • February 6, 2011 at 4:34 pm

      belajar dg cara spt itu bisa :)
      skrng saya ingin bertanya, apakah luci sebelumnya pernah kursus atau les gitar?
      tidak pernah toh? tapi ternyata luci skrng sudah bisa bermain gitar padahal belajarnya otodidak :)

      nah, belajar piano pun juga bisa dengan cara otodidak, hanya saja jarang orang yg tertarik belajar piano lalu mempelajarinya dg cara otodidak, kebanyakan mereka tertarik dg gitar mungkin krn piano tergolong barang mahal jadi peralihannya ke gitar…
      saya pernah bertemu pemain biola yg skillnya lumayan setelah saya tanya belajar dimana ia pun menjawab: “belajar otodidak”.
      saya pun terkagum2 padahal dulunya saya juga belajar piano dg otodidak menggunakan keyboard Yamaha PSR 36 (bayangkan, skrng sudah jamannya PSR 3000!!!). dengan usaha keras akhirnya saya bisa membaca notasi balok utk piano (spt buku beyer dan hanon) sedangkan saya pd wkt itu belum pernah “menyentuh” piano sama sekali… saya hanya memainkan lagu2 piano di keyboard PSR 36 yg super jadul dan berangan2 ingin mencoba bermain piano ‘beneran’

      hingga akhirnya saya kuliah di jurusan pend. seni musik barulah saya diajarkan bermain piano dg benar oleh dosen saya dan merasakan bagaimana rasanya bermain piano menggunakan piano ‘beneran’ krn sebelumnya saya hanya bermain menggunakan keyboard saja. Dengan pengalaman saya tsb kini saya lebih mengagumi mereka yg bisa bermain piano dg belajar otodidak daripada mereka yg berguru ke guru yg profesional.

      orang bisa pandai bermain piano adalah wajar karena ia di didik oleh guru piano.
      tapi kalau ada orang yang pintar bermain piano walaupun tekniknya tdk sempurna sedangkan ia belum pernah les piano atau berguru ke guru piano, itu baru “LUAR BIASA”

  18. amanda
    February 9, 2011 at 8:38 pm

    pak.umur saya 18 tahun.
    sya ska skli main piano.tp sya g pny piano jd bwt bljar g bsa.cman bljar ngliat tutor piano di yotube.atw d google.
    dulu wktu sd saya sempat les piano.tp ga dtrusin lg..
    sya pgn nglnjutin dgn msuk sklah musik.
    klo di jakarta .universitas yg ad penddikan msik ny dmn y?
    trs klo bleh tau..bpak sndri llusan mna??
    ^_^

    • May 3, 2011 at 6:47 pm

      dijakarta perguruan tinggi jurusan musik ada di beberapa tempat,
      diantaranya UNJ, UPH dan IKJ. ketiga perguruan tinggi tersebut adalah strata 1.
      sedangkan saya adalah lulusan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) jurusan pendidikan seni musik :)

  19. Lamhot bagariang
    February 26, 2011 at 3:35 pm

    Slm knl pak,nma sy lamhot bagariang,tggl di pknbru riau.sy sdh lma megang piano/keyboard,tpi pengethuan sy gitu2 aja,satu lg pak,sewktu lgu di pilih sya sring lpa melodynya.yg sy tnyakn pan?apa carnya biar melody nya gk lpa2??.tlg di blz ya pak….??

    • March 3, 2011 at 9:47 pm

      kalau sering lupa melodinya biasanya problemnya adalah masalah ‘daya ingat
      ada orang yg hanya sekali saja mendengar melodi sebuah lagu maka ia akan hapal seterusnya bahkan hingga bertahun2 walaupun ia tidak memainkan melodinya tapi ia sanggup mengingatnya dengan sangat baik, tapi ada juga orang yg sudah mendengarkan sebuah melodi lagu dg beberapa kali tapi tetap saja ia sering lupa…

      ini masalah kekuatan ingatan saja, tentunya daya ingat seseorang tdk sama antara yg satu dg yg lainnya.
      bila kita membaca sejarah hidup MOZART maka kita akan terkagum2 dg kemampuannya dan daya ingatnya yg luar biasa. Ia hanya mendengar sekali sebuah musik chamber kemudian ia pulang lalu ia menuliskan ke dalam notasi balok semua melodinya dengan sempurna (chamber = musik kamar dg banyak instrument yg dimainkan secara bersamaan)

      agar tidak lupa mungkin bisa menyediakan catatan kecil lalu ditulis melodinya (dlm notasi) hanya awal lagu saja, kalau melodi awalnya sudah ingat tentunya mudah utk mengingat lanjutannya :)

  20. reynaldi
    February 26, 2011 at 4:35 pm

    saya umur 14 tahun,,,masih bisa gak belajar piano,,,and saya mau lancar main keyboard gmna yah????

    kalo boleh saya mau minta CHORD2 keyboard lagu barat donk soalnya saya nyari di mbah google susah

    JAWAB ya!!!

    • March 3, 2011 at 9:09 pm

      kalau mau lancar main keyboard ya hrs rajin latihan dong :)

      bagaimana caranya belajar bermain keyboard? bagaimana caranya menekan tuts keyboard dg benar? bagaimana caranya membaca not balok? bagaimana cara memainkan chord pada keyboard? bagaimana caranya menguasai keyboard?

      - jawabannya adalah : silahkan cari sekolah musik terdekat utk mengikuti kursus bermain keyboard, nanti semua pertanyaan diatas akan di jelaskan secara jelas dan perlahan2 oleh guru/instruktur keyboard sehingga yg tadinya tdk bisa bermain keyboard maka akan menjadi bisa bermain keyboard asalkan rajin latihan :)

      kalau mau mencari chord/kunci lagu2 barat silahkan cari di sini => xxx.e-chords.com
      (ubah ‘xxx’ menjadi ‘www’)

      kalau mau mencari chord lagu2 indonesia silahkan cari di sini => xxx.chordfrenzy.com
      (ubah ‘xxx’ menjadi ‘www’)

      -Selama belajar bermain keyboard-

  21. dian
    March 6, 2011 at 4:15 pm

    umur saya 20 tahun.Tahun lalu saya belajar piano dan gitar secara otodidak. Tahun lalu saya lebih ke piano pop, tahun ini saya mau serius belajar piano klasik.

    Yg mau saya tanya.. sejauh ini saya bisa mainkan sedikit lagu dari partitur & youtube, tapi posisi jari yg saya pakai ngasal dan feeling aja. Boleh tidak seperti itu? Belajar fingering itu penting banget tidak sih? soalnya saya memang suka kesulitan menaruh jari, jadi tiap main ada jeda sebentar untuk mikir posisi jari selanjutnya.
    Sekarang ini juga ada lagu yg tengah saya pelajari lewat partitur (otodidak juga bacanya), posisi jarinya ngasal blas.. kalo posisi jari itu penting, saya mau belajar jari yg bener dulu baru diterusin main lagu yg satu itu

    Makasih :)

    • April 29, 2011 at 10:59 pm

      posisi jari yang benar adalah sangat penting kalau untuk main piano pop dan klasik. Biasanya pada partitur lagu2 klasik disertakan dg nomor jari atau posisi jari, nah, posisi jari seperti itu adalah tuntunan buat jari si pianis tsb,, krn posisi tsb sudah diatur sedemikian rupa supaya pergerakan jari lebih aktif, lebih mudah dan efektif.

      kalau sudah terbiasa dg jari yg benar nanti ngerti sendiri dan bisa menentukan letak atau posisi jari yg benar pada partitur2 yg tdk ada penomoran jarinya :)

      intinya, bila posisi jarinya tepat maka akan mempengaruhi kualitas touch-nya dan berpengaruh juga pada kelincahan jarinya.

  22. ayie
    March 10, 2011 at 9:36 pm

    halo dan salam kenal :) saya ayie, umur saya 16 tahun. dari SD dulu saya udah tertarik banget sama piano, keyboard, dan sebangsanya. saya sering coba-coba sendiri (bahasa kerennya: otodidak) lagu-lagu umum (karena emang nggak tau notnya) pake pianika atau keyboard mainan dan ternyata banyak yang berhasil. tapi itu cuma dipencet-pencet pake satu jari. sekarang lagi tertarik banget belajar piano yang pake 10 jari, yang banyak nada campuran gitu, karena enak banget melodinya, tapi saya bener-bener nggak bisa baca not balok karena disekolah juga nggak ada pelajarannya. mohon bantuannya ya, gimana caranya biar bisa lancar bermain piano hanya dengan belajar otodidak? dan supaya bisa baca not balok?
    terima kasih :)

    • April 29, 2011 at 11:13 pm

      hmmm….
      memang sulit sih kalau dijelaskan materi dan teknisnya cara belajar supaya bisa main piano 10 jari (duhh… kaya ngetik aja… ngetik 10 jari :p )
      kalau memang tdk punya guru atau seseorang pembimbing, saya sarankan kalau mau belajar otodidak bisa memanfaatkan youtube.

      caranya adalah masuk ke youtube.com lalu di kolom pencarian ketik:
      study piano (atau) learn piano (atau) piano lesson (dll…),
      sementara itu kalau mau belajar baca not balok dg otodidak memang agak susah, krn notasi2 tersebut ada teorinya dan harus dicontohkan oleh seorang guru/pembimbing, kalau tdk ngerti apa2 lantas coba2 baca notasi2 tsb tanpa ada yg bimbing pasti sulit…

      tapi kalau dg usaha yg keras saya yakin pasti bisa! krn saya pun dulu awalnya belajar baca notasi dg cara otodidak juga, yg tadinya ga ngerti nilai notnya mungkin krn usaha yg keras akhirnya saya ngerti sendiri :)

  23. gandhi
    April 9, 2011 at 10:46 am

    hello mas
    saya gandhi saya 16 tahun, saya sudah 1 setahun belakangan ini bermain piano atau kayboard di sebuah band .saya sudah tau sedikit impropisasi pop tapi saat temen band saya mengajak membuat lagu jazz melodi saya ngaur abis kayak ngak nyambung . karena itu saya mau nanya kalau impropisasi musik jazz ama pop itu letak beda ya di mana dan gimna cara memainkan aliran jazz untuk formula seperti saya ??

    thx

    • April 30, 2011 at 10:30 am

      antara musik pop dengan musik jazz yg paling susah adalah jazz…
      kalau pop-nya tdk bisa dikuasai maka untuk bermain jazz pasti lebih sulit lagi, jadi sebaiknya sebelum mempelajari musik jazz maka perdalam dulu musik pop.

      pola-pola pergerakan chord pada musik jazz lebih rumit dari musik pop. mungkin untuk awal-awal sebelum mempelajari aliran jazz lebih dalam mulailah dari sekarang menghapal variasi chord spt chord augmented, diminished, dominant seven, 9, sus4, sus2, half dim dan lain2. juga hapalkan dan pelajari inversi-inversinya :)

  24. yuan
    April 13, 2011 at 3:55 pm

    saya berumur hampir 17 tahun
    saya mengikuti les piano sejak umur 16 tahun
    saya ingin bisa jadi master piano untuk mengajar disekolah musik

    kira-kira berapa tahun lagi saya bisa menjadi master atau saya sudah terlambat dan tak bisa jadi master tolong jawab ya

    • April 30, 2011 at 10:56 am

      kalau kamu sanggup latihan sehari minimal 5 jam rutin setiap hari tanpa putus selama 3 tahun berturut-turut maka saya jamin sudah lumayan hebat main pianonya.
      nah, kalau mau benar2 menjadi master dan handal bermain piano lakukan hal tersebut selama 5 – 7 tahun.
      kalau sekarang usia 17 artinya kamu akan berhasil menjadi master pada saat usia kamu nanti sekitar 24-an.

      semakin banyak latihan pasti semakin cepat bisa :)

  25. April 18, 2011 at 12:30 am

    saya sdh cukup lama main yg namanya Piano ( baik akustik atau elektronik ) kalau bicara feeling chord yang bisa di uji lagu apa saja tanpa partitur yg penting orang sdh teriringi dan dienak-enakkan tp yang namanya juga otodidak tetap banyak keterbatasannya. bagi saya pribadi kelemahan saya adalah tidak bisa membaca partitur lagu / musik. tapi ilmu dsar not saya kenal/tahu misalnya not dari do s/d si maju 1/2 ( kres/mol) minor mayor akord dsb termasuk tetek benget not dasar lainnnya malah melalui keyboard saya bisa membuat style musik menurut saya sdh lumayan juga. kadang juga lewat software di komputer.jadi saya bertanya pada les piano Apa yang harus saya lakukan untuk bisa baca partitur.Mohon Pencerahannya.

    • April 30, 2011 at 11:10 am

      saya sarankan sebaiknya mengikuti kursus piano untuk fokus mempelajari membaca notasi balok, bagusnya dalami jurusan piano klasik. Awalnya mempelajari notasi yg mudah setelah itu dengan semakin sering latihan dipastikan kemampuan membaca notasi balok pun akan terus meningkat hingga akhirnya suatu saat pasti bisa menulis ke notasi balok hasil dari aransemennya.

      terus berlatih, dan tetap semangat! :)

  26. May 3, 2011 at 11:03 am

    Wah, artikel anda sungguh luar biasa, salam sukses buat anda, semoga artikel ini membantu banyak orang yang ingin belajar piano.
    Saya sebenarnya juga suka musik terutama piano, cuma masalahnya dulu tidak ada yg support saya belajar. skg saya sudah punya anak usia 4 tahun, saya ingin dia belajar piano tapi setahu saya dan saya baca di artikel anda memang terlalu kecil utk usia spt itu terutama jarinya yg masih belum kuat dan masa dia masih masa bermain.
    Mungkin pertanyaan saya sedikit meleset dari topik diatas, saya dengar ada permainan seperti electone untuk usia dibawah 6 tahun, mungkin kalau boleh tahu, sebenarnya perlu ngga yah saya beri kursus itu, saya tidak begitu jelas apa yg diajarkan di electone, apa cuma dengerin musik2 aja dan bermain tuts.

    Apa sebaiknya anak saya tunggu 6 tahun lsg ke piano atau saya masukkan ke kursus itu dulu, untuk melihat senang tidaknya dgn piano, karena untuk kursus electone sendiri harganya jg tidak murah.

    Trus pada saat kapan saya harus membeli piano. Saya sendiri (30tahun) juga berencana mau belajar piano classic untuk nyalurkan hobby yg selama ini terpendam sejak jaman jadul dan berharap suatu saat nanti bisa berduet dgn anak saya nanti di masa depan. Amin
    Syaratnya cuma 1 yah, latihan 5 jam sehari selama 5 tahun. I love this statement

    • May 3, 2011 at 5:59 pm

      Hai Danny,
      Salam kenal :)

      sebenernya saya kurang tau pembelajaran electone seperti apa, seperti yg diceritakan oleh teman saya yg menjadi pengajar electone katanya paling banyak muridnya rata2 usia dibawah 6 tahun dg sistem belajar ‘grup’, yaitu dalam 1 kelas sekaligus 3-5 siswa.
      kalau menurut saya usia dibawah 6 tahun diajarkan electone tdk masalah, kemungkinan mereka diberikan pengenalan musik di alat tsb (elecetone) krn fasilitas dan fitur2 suara dan style musik pd electone sangat banyak sehingga anak2 pun biasanya senang dan ‘betah’ juga diajarkan cara menekan tuts dg melodi2 sederhana (sepertinya sih begitu kegiatan belajar mengajarnya…)

      begitu anak sudah menunjukkan minat terhadap musik mungkin pada saat itu bisa dibelikan alat musik.

      tertib latihan 5 jam sehari sulit dijalankan,, apalagi kalau aktivatas sehari2 spt pekerjaan yg padat mustahil bisa meluangkan waktu 5 jam sehari, saya pun sekarang ini sdh tdk sanggup latihan dg porsi spt itu krn jadwal yg sangat padat. usahakan latihan setiap harinya tdk putus kalau hanya utk hobi cukup semampunya saja tdk masalah.

      Thanks :)

  27. iin
    June 6, 2011 at 12:16 pm

    saya 23tahun, minat sekali pada piano, karen suka dengar suara piano dan suka musik, serta hobi banget kalo liat piano, sygnya ga pernah belajar krn dl orang tua ga ikutin les… sedagkan adikku les piano dari SD… tp kalo disuruh main ga suka dia, jd ga bisa ngajarin aq… T_T
    gimana ya biar bisa? rencana pingin ikutan les… tapi les rata2 sejam dan satu kali seminggu doank…

    • July 11, 2011 at 10:58 am

      tidak ada les piano yg sekali pertemuannya lebih dari 1 jam dan seminggu lebih dari 1 kali pertemuan, kalaupun ada pasti biayanya pasti lebih tinggi lagi.
      les musik (piano/biola/gitar/dll) tergolong les yg membutuhkan biaya tinggi dan hanya seminggu sekali, lama belajarnya biasanya 30 menit (beberapa sekolah musik ada yg 45 menit), di jakarta saya belum mendengar ada sekolah musik yg lama belajarnya 1 jam setiap pertemuanya,
      berbeda dg les bahasa inggris yg seminggu bisa 3 kali pertemuan dan sekali pertemuannya bisa 1 jam lebih :D

      mau bisa bermain piano tdk harus belajar di tempat kursus musik, bisa juga belajar dg cara otodidak (dg video / buku / software2 interaktif khusus belajar piano, dll)

  28. June 10, 2011 at 9:50 pm

    hallo , nama saya, bella umur saya 14 tahun . saya belajar main keyboard secara otodidak dan alhamdulillah saya SEDIKIT bisa. tapi saya belum bisa membaca not balok dengan lancar. keyboard saya tidak ada system touch-nya , jadi waktu main kerumah temenku yang keyboardnya ada sytem touchnya saya tidak terbiasa menggunakan system touch dan hasil suara yang saya mainkan kecil karena kebiasaan memainkan keyboard yang system touchnya ga ada. jadi jari tangan ku kayak lemes gitu deh kalo udah ketemu sama keyboard yang ada system touchnya dan posisi jari saya masih salah (masih banyak yang tegang) . dan yang disebut memainkan piano dengan bagus itu kayak apa sih? apa dinilai dari kecepatannya , ekspresinya , cara dia memainkannya , ato dari lagunya?. saya tertarik ingin belajar piano dari umur 11 tahun , 12 – 13 tahun mulai mempelajari mendengarkan, dan menghafalkan kunci , setiap hari aku gak pernah lepas dari keyboardku , setiap pagi abis ngasih makan kucing , saya latihan sendiri bisa 2-3 jam . dan aku ada rencana ingin membeli yamaha P140 <<< itu bagus gak?. hehe sebenarnya salah satu impian saya… (jangan ketawa ya) pingin sekali bertemu grand piano dan memainkannya (~ 'o')~ . ok terimakasih mohon jawabannya ya ^^.

    • July 11, 2011 at 10:14 am

      supaya jari kuat sebaiknya dibiasakan latihan di piano,
      beberapa keyboard merek dan tipe tertentu banyak juga yg bentuk dan touch tutsnya menyerupai piano.
      merek P140 saya belum pernah mencoba, tapi sepertinya touch-nya menyerupai piano karena dilihat dari bentuknya termasuk kategori piano digital.

      “yang disebut memainkan piano dengan bagus itu kayak apa sih?”
      bermain piano sebenarnya sulit, kalau asal bermain saja sih pasti mudah,,
      bermain piano yg baik yaitu bermain piano sesuai dengan partitur dan tidak lupa menggunakan dinamika, ekspresi dan interpretasi.

  29. Cecilia
    September 4, 2011 at 7:02 pm

    hallo nama saya cecilia saya umur 11 tahun dulu pernah belajar piano selama setahu pada waktu umur 5 tahun kalau sekarang belajar lagi belum terlambat kan?lalu bagaimana cara belajar paino sendiri?

    • October 4, 2011 at 2:41 pm

      Tidak ada kata terlambat untuk belajar,
      mau belajar piano dg cara otodidak?? bisa kok, banyak buku2 pembelajaran piano yg dikhususkan belajar piano sendiri. Silahkan cari buku yg berkualitas dan berbobot dan mudah dipahami, biasanya buku2 terbitan luar negeri yg bagus2 :)
      juga jangan lupa cari video2 pembelajaran piano, cari aja di youtube

  30. September 25, 2011 at 12:56 pm

    Saya nifa, umur 17 tahun..
    begini, saya sangat minat belajar bermain piano..
    tetapi, saya tidak bisa membaca not balok.
    bagaimana cara bisa membaca not balok?
    saya tidak mengerti aturan-aturan yang terdapat di not balok tersebut..
    misalnya tanda “#”.
    tolong bantu saya.
    terimakasih :D

    • October 4, 2011 at 3:06 pm

      waduh… kalau menjelaskan not balok dengan kata-kata tanpa memperlihatkan contoh gambar not baloknya pasti sulit….
      cara belajarnya: cari aja buku2 yg berkualitas khusus belajar membaca notasi balok. biasanya buku2 terbitan luar negeri banyak yg bagus2.

      • October 6, 2011 at 4:21 pm

        Oke oke.. saya akan mengikuti sarannya :)
        terimakasih..
        tetapi, sangat sulit mencari buku terbitan luar negeri :’(

      • October 13, 2011 at 1:37 pm

        sebenernya cari buku dari penerbit lokal juga ga masalah, harus pintar2 memilih aja.

  31. mamah lavina
    October 1, 2011 at 6:56 pm

    ~”Anak saya berumur 6 thn..dan baru hari ini,dia mengikuti les piano.tetapi belajar piano nya cuma seminggu sekali..itu pun setiap pertemuan hanya 30 menit.berarti dalam sebulan hanya 4 kali pertemuan saja.
    yg saya mau tanyakan,kalo ada pengajar lagi di rumah yg membantu melatihnya diluar sklh musik itu..tetapi dengan alat musik organ..akan bentrok ga pa cara pengajarannya???maksud saya cuma ngelatih dia memainkan jari-jarinya..sebab di rumah,ada nya alat musik organ..;))”~
    …..Terimakasih….mohon di jawab ya….

    • October 4, 2011 at 5:19 pm

      sebaiknya kalau lesnya memilih alat musik piano diharapkan latihan dirumah pun memakai piano, tapi karena adanya organ mungkin awal2nya anak merasa kaget, dirumah latihan dg menekan tuts yang ringan, di tempat kursus latihannya dg tuts yg berat. kalau awal2 tidak apa2 sih toh lama-lama ia akan terbiasa dg touch di organ dan di piano.

      Piano terdiri dari 7 oktaf sementara organ hanya 3 sampai 5 oktaf (lebih pendek dari piano). Pada level elementer siswa hanya belajar lagu2 ringan yang hanya maksimal 2 sampai 3 oktaf. Dengan bertambahnya level otomatis ia akan memainkan lagu yang mungkin jangkauan nadanya mencapai 5 oktaf bahkan lebih. Disaat levelnya sudah tinggi disarankan mengganti dg piano akustik atau piano digital.
      * 1 oktaf = terdiri dari 12 tuts.

      Apakah tidak bentrok bila ditambah pengajar privat untuk dirumah?
      saya pikir pasti bentrok, kecuali guru les yg dirumah tidak menambah PR-nya. Bayangkan saja, disekolah musik dikasih PR, ditambah guru privat yg dirumah pun memberikan PR yg baru, tentunya si anak pasti kewalahan. Kalau memang mau ditambah pengajar privat saya sarankan guru privat yg dirumah tidak mengutak-atik PR yg diberikan di tempat kursusnya, ditegaskan mengajar hanya untuk mengulang PR dan memantau kemajuan juga memperbaiki kalau ada yg salah.

  32. tatya latifa el karimah
    November 6, 2011 at 2:50 pm

    saya berumur 10 tahun tapi saya belum bisa main piano saya perna les piano tapi saya belum bisa bilah saya belajar sendiri aku pintar atau masih tdk pintar orang tua saya mengeluarkan uang banyak tapi aku sedih percuma org tuaku masukin aku les piano maksud saya aku bisa pintar kalau belajar sendiri dibalas ya………………

    • March 16, 2012 at 11:38 pm

      ditempat les hanya utk dibimbing, sisanya latihan dirumah.
      kalau latihan pianonya cuman pas di tempat kursusan doang ya… ga akan pintar2 dong,
      nah, supaya cepat pintar kalo dirumah harus latihan juga yaaa….

      gimana cara latihannya??
      silahkan tanya ke gurunya, tanya aja gimana caranya untuk latihan piano dirumah. Tanya juga gimana cara latihan yang bener.

  33. santi
    November 7, 2011 at 1:16 pm

    haloo… saya santi, 21 thn
    saya duu waktu SMA les piano , sempat ujian sampai grade 4, lalu tidaak sempat melanjutkan ke grade selanjutnya krn waktu kuliah pindah ke luar kota… selama kuliah tidak ada waktu untuk les karena biaya les juga mahal… tapi saya masih tetap memegang piano krn masi sering mengiringi.. kira2 kalau mau lanjut grade hingga menyelesaikan sampai grade akhir butuh brp tahun ya? kalau loncat grade bisa gak? atas dasar apa ya suatu pianis dapat dikatakan handal? tengkyuu…

    • November 8, 2011 at 9:17 am

      hai santi,
      sudah sempat ujian sampai grade 4 ya?
      berarti dah lumayan dong main pianonya :)

      ini mengenai grade,
      sebelumnya saya ingin menjelaskan dulu bahwa setiap sekolah musik menyebut jenjang kemampuan siswa berbeda-beda, ada yang menggunakan istilah tingkat, level atau grade.
      nah, kita anggap aja santi sudah berada di level 4.

      pertanyaannya butuh berapa tahun untuk menamatkan semua level yang ada?
      kembali lagi ke diri santi, Seberapa tekunkah santi berlatih piano? kalau latihannya rajin katakanlah sanggup sehari 5 jam ya… pasti lebih cepat lah utk menamatkan semua level :D

      lalu bagaimana kalau dirumah tdk pernah latihan? latihannya hanya pada saat les piano saja?
      nah, kalau seseorang dirumah tdk pernah latihan piano ya… pasti lama lah tamatnya, paling nanti mentoknya di level 1,
      krn yg namanya belajar piano itu harus latihan dg tekun kalau mau berhasil.
      kalau tdk pernah atau jarang latihan.. saya jamin sampai tua pun tidak akan pernah menamatkan grade/level akhir!! :p

      pertanyaan berikutnya apakah bisa loncat grade?
      saya ingin bertanya, sewaktu santi sekolah di SD kelas 4 apakah santi sanggup mengerjakan soal2 ujian tingkat SMP?
      tentunya tidak sanggup kan?
      seperti itulah jawabannya kalau santi sekarang berada di level 4 tapi ingin loncat ke level 5 atau 6.

      nah, pertanyaan berikutnya sifatnya sharing saja, atas dasar apakah suatu pianis dapat dikatakan handal?
      menurut kamus besar bahasa indonesia: handal = andal
      andal adalah (1) dapat dipercaya; (2) memberikan hasil yg sama pd ujian atau percobaan yg berulang

      mungkin disini maksudnya santi adalah kapan seorang pianis dikatakan piawai atau lihai atau pandai bermain piano?
      menurut saya kapan seseorang dikatakan lihai bermain piano jawabannya sebenarnya sulit di ukur. mungkin gampangnya lihat saja kemampuannya, kalau ia sudah sanggup bermain lagu piano dengan tingkat kesulitan yg tinggi sedangkan ia sanggup memainkan lagu tersebut dengan interpretasi yg sangat baik, dengan touch / teknik yang sangat baik, dan dengan penjiwaan/ekspresi yg sangat baik pula maka pada saat itulah ia sudah dapat dikatakan handal / lihai / piawai (itu menurut saya lho..)
      jadi, atas dasar apa suatu pianis dikatakan handal sebenernya sulit diukur.

      intinya lihat saja kemampuannya, kalau ia sudah sanggup memainkan partitur yg rumit, tekniknya sangat baik, touchnya juga sempurna dan sanggup menganalisa partitur lagu yg dimainkannya, mungkin pada saat itulah ia sudah masuk kategori “handal”. Mungkin hanya mereka yg berada di level tinggi saja yg memiliki kemampuan tsb :)

      oke, semoga dapat dipahami,
      Thanks

  34. santi
    November 8, 2011 at 6:08 pm

    waahh, terimakasih atas jawabannya pak.. saya bersyukur menemukan blog ini karena pertanyaan2 yang dilontarkan mirip2 dengan yang saya alami…
    saya aada beberapa pertanyaan lagi pak, mohon jawabannya..
    kalau misalnya saya kembali meneruskan les, kira2 bisakah langsung lanjut grade (tanpa harus balik atau mundur grade, karena saya sudah tidak les selama 3 tahun, tapi masih tetap pegang piano sih, saat ini cuma sibuk ngiringi saja, tapi teknik mainnya juga sepertinya masih standard),,,, cuma kata orang, bisa saja teknik/ kemampuannya turun…
    terus, menurut bapak mana yang lebih baik, ikut kursus piano di sekolah yang memiliki kurikulum dan ujian kenaikan tingkat atau les di guru privat biasa? tanpa perlu ikut ujian misalnya, karena ujian pun bayarnya mahal…
    ow ya, sebelumnya guru saya pernah bilang, ada bedanya mengajar murid yang berbakat dan tidak berbakat. apakah orang yang tidak berbakat main piano tapi menyukai piano tidak bisa jadi handal? seberapa besar pengaruh “bakat” (biasanya krn faktor genetik ya?) dalam belajar piano?
    maaf kalau saya banya pertanyaan pak… terima kasih sebelumnya…
    sukses selalu…!! ^^

    • November 25, 2011 at 2:39 pm

      setiap sekolah musik peraturan dan kriteria level/gradenya tdk sama antara sekolah musik yg satu dg sekolah musik yg lain. Kalau santi pernah kursus diskolah musik A supaya bisa meneruskan gradenya silahkan kembali lagi ke skolah musik A, tapi kalau santi melanjutkan diskolah musik B maka kemungkinan diskolah musik tsb nanti santi di tes lagi.

      Belum tentu diskolah musik A santi sudah mencapai grade 3 lantas diskolah musik B masuknya di level/grade 3 juga. Contohnya di tempat saya ngajar (LPM Farabi) saya mendapat murid pindahan, disekolah musik yang lama murid saya tsb sudah mencapai level 2 tapi begitu ia masuk ke farabi ia ditempatkan di level 1.
      Intinya, tergantung sekolah musiknya.

      Pertanyaan berikutnya mana yg lebih baik apakah belajar di skolah musik atau kursus privat?
      Saya tdk bisa memberikan rekomendasi mana yg terbaik,
      menurut saya, yang penting yaitu pada akhirnya santi menjadi pintar/mahir bermain piano tidak perduli apakah santi belajar di skolah musik, belajar privat atau belajar otodidak atau bahkan belajar di luar negeri. Karena pada umumnya disaat kita menunjukkan skill kita, masyarakat tidak melihat ijazah atau latar belakang tapi yang dilihat adalah skill kita, yg dilihat adalah kalau kita bisa bermain piano dg baik.
      Juga tidak ada masyarakat yg bertanya apakah kita pernah ikut ujian atau tidak.
      Masukan saya, silahkan cari guru yg terbaik menurut santi :)

      Pertanyaan santi yg terakhir yaitu mengenai ‘bakat’.
      Kalau menurut saya, bakat adalah mereka2 yg memiliki kecerdasan/daya tangkap yg berbeda dg orang biasa.
      Mereka yg biasa2 saja katakan butuh waktu 3 tahun untuk mencapai level 5 (dg catatan latihan sehari 5 jam)
      nah, mereka yg berbakat mungkin hanya butuh waktu 1 tahun untuk mencapai level 5 (dg catatan latihan sehari 5 jam)
      itulah perbedaan orang berbakat dg yg tidak (menurut saya).
      Setiap orang mempunyai pendapat lain-lain bila ditanya mengenai apa itu “bakat”

      apakah ada pengaruh ‘bakat’ spt faktor genetik?
      utk pertanyaan yg satu ini saya tdk mengerti jawabannya, saya pun sebenernya iri dan sangat menginginkan kemampuan spt Mozart :p

  35. galuh
    December 14, 2011 at 7:41 pm

    Nama saya galuh. Umur 17 th.
    Sudah 2 bulan ini saya les piano. Apakah saya sudah terlambat untuk menjadi pianis handal? Butuh berapa tahun pak?
    Kalau boleh tahu, bapak belajar piano dari umur berapa?

    Ohya, di rumah hanya ada keyboard untuk berlatih. Apakah sudah cukup untuk berlatih atau bagaimana? Sebenernya saya punya cita-cita untuk jadi pianis, tapi berhubung baru bisa belajar piano umur 17 th saya jadi pesimis.

    Terima kasih atas saran bapak.
    Blog ini sangat bagus :)

    • March 16, 2012 at 2:45 pm

      jangan patah semangat!!
      saya belajar musik dg “otodidak” menggunakan keyboard yamaha tipe PSR 32 dimulai pada saat SMP kls 2, perlu dicatat saya belajarnya dg cara “OTODIDAK” menggunakan keyboard PSR 32, bukan latihan di piano,
      tdk les/kursus krn keterbatasan biaya…
      beruntunglah kamu diberi kesempatan mengikuti kursus piano, maka dari itu jangan sia2kan dan jangan tanggung2.
      apalagi kamu bercita2 ingin menjadi pianis handal maka latihan lah lebih gila dari saya,,

      Berapa tahun bisa menjadi handal??
      saya tdk bisa menjawab, yg bisa menjawab hanyalah waktu..
      bisa 3 tahun,, 5 tahun,, 10 tahun,, 20 tahun,,
      kalau latihan rajin dan keras mungkin bisa cepat bisa.

      kls 2 smp saya belajar musik dg otodidak, 5 tahun kemudian tepatnya pada saat diterima di UNJ jurusan pend.seni musik baru deh disana saya berkenalan dg yg namanya PIANO.

      latihan terus yg teratur!
      saya dulu latihan menggunakan PSR 32 sehari bisa menghabiskan waktu 2-5 jam sehari, kalau hari libur bisa lebih dari 7 jam.
      sampe2 wkt kuliah kena wasir gara2 kelamaan duduk latihan piano, hahaha…

      oke, bulatkan tekad sehari harus menghabiskan waktu minimal 4 jam berlatih piano!

  36. murid kang De Ju-Re 1
    January 4, 2012 at 12:24 am

    Aslm. Wah apa kabar nih Pak Jun? Saya seng-iseng liat blog ente nih. Bagus banget, semuanya sharing ilmu blak-blakan (pake provider apa sih) :P. Sekarang saya baru mulai mau main piano nih Pak. Kl dulu gitar belajar sendiri, saya juga mau coba belajar sendiri piano (ngirit). hehe..
    Kapan2 ketemu tanya2 tentang baca not balok dong Pak..

    Cheers,

    Give thanks

    • January 12, 2012 at 12:46 am

      Wasslmkm,
      hahaha.. akhirnya ada juga murid ane yg nyasar ke blog ane melalui mbah google,,
      Ane ucapin “Selamat Datang di Blog Ane yg Sederhana ini” :D
      iya nih kapan2 kita ngumpul2 lagi dong kangen nih pengen reunian dg anak2 dejure lagi :)

      untuk not balok bisa juga dipelajari sendiri (otodidak) tp mungkin agak sulit kl belajar sendiri krn mungkin teori2nya bisa saja dipelajari sendiri spt nilai2 notnya tp begitu di praktekkan pasti nanti bingung sendiri krn ga tau gmn cara maininnya :p

      coba saja cari di youtube siapa tau ada orng yg berbaik hati ngaplod pidio cara membaca notasi balok. Atau bisa juga belajar dari software2 yg dikhususkan utk belajar notasi balok. kalau mau cepat bisa… ya harus berguru langsung ke guru,,

      oke deh, ane doain mudah2an cepet jago main pianonya kl perlu targetnya hrs lebih jago dari maxim!! :D
      akhir kata ane ucapin: “SElamat BElajar PIano” :)

      • murid kang De Ju-Re 1
        January 12, 2012 at 5:57 am

        okke Kang Guru.. kapan2 kumpul2 lagi. kl udah
        ketuaan kendalanya ga byk waktu luang buat mijit orgen Pak. jadi ya buat hobi2an aja. syukur2 kl bisa kayak maksim. hehe..

        tips memilih piano pake perumpamaan disini Pak! :-P

      • March 16, 2012 at 8:36 pm

        beres bozzz.. :D

  37. January 22, 2012 at 10:00 am

    sya x bljr piano agy a,,,tringin nk bljr do!~

    • March 16, 2012 at 8:39 pm

      waduh,,,
      anak gaul nih yg tulisannya disingkat2 kaya gini jd susah dingertiinnya, hahahah :p
      oke deh neng, latihan terus yg rajin ya?

  38. dwi aryo
    January 28, 2012 at 1:13 am

    salam kenal omm jun,,,2-3 th ini saya mulai utak atik kiboard sekolah, alhamdulillah karna sebelumnya dah bisa maen gitar secara nggak sengaja bisa cepat nguasai chord2nya. tapi untuk speed melodi tangan kanan ane kurang bagus omm. mohon sarannya biar lebih berkembang omm permainan ane

    matur nuwun

    • March 16, 2012 at 8:44 pm

      supaya speed jari kanannya top markotop coba deh latihan tangga nada setiap hari dan tamatin dah tuh buku HANON! dijamin jari tangan kanan pasti bisa ngacir kesana kemari menari2 diatas piano dg gemulainya!! :D

  39. Novkhoz
    February 17, 2012 at 12:58 pm

    halo…
    saya sangat tertarik belajar piano, tapi saya tidak punya guru less.. makanya saya hanya latihan sendiri aja. saya cuma mau tanya gmana sih cara baca not balok.?? apa saya bisa jadi pemain piano walaupun hanya latihan sendiri aja.??

    mohon jawabannya…!!
    terima kasih..

    • March 16, 2012 at 8:20 pm

      cara belajar not balok sebaiknya harus ada yg menuntun, bisa saja sih belajar not balok dg otodidak/sendiri.
      belajar not balok dg otodidak ibaratnya seperti belajar bahasa mandarin dg otodidak, melihat tulisan mandarin yg keriting spt itu lalu mencoba meraba2 bgmn cara membacanya, atau spt melihat tulisan arab lalu belajar dg otodidak cara membaca tulisan arab serta cara mengucapkannya,
      seperti itulah perumpamaan belajar notasi balok dg cara belajar tanpa guru.

      Sesuatu yg sulit kalau dipelajari dg usaha yg gigih pada akhirnya pasti akan berhasil juga.
      met belajar piano :)

  40. agung
    February 24, 2012 at 9:27 am

    Alhamdulillah nemu web ini. Bisa baca-baca.
    Nama saya Agung. Saya suka gitar dan waktu kecil berkeinginan kursus gitar. Namun tidak ada support dari orangtua karena dianggap tidak penting. Sampai sekarang saya pun ingin banget belajar musik.
    Sekarang saya punya anak putri, usia 9 tahun, 8 tahun dan 5 tahun. Dan alhamdulillah sudah ada rejeki untuk mengkursuskan anak saya belajar musik. Dengan berbagai pertimbangan, saya pilih piano. Saya pikir, penguasaan skill piano, bisa membuat mereka mandiri. Dan kebetulan Saya juga lihat anak saya seneng kalo ada tugas pianika. Ah baguslah saya pikir.

    Waktu saya tawarkan ke anak-anak saya kursus piano. Kok responnya ya .. So so lah. Gak semangat kaya saya waktu kecil dulu.

    Pertanyaan saya:
    1. Kalo seperti itu, tetap saya kursuskan saja atau bagaimana ya?
    2. Untuk menarik minat mereka belajar piano, yang paling efektif, bagaimana caranya ya?
    3. Berapa umur standard anak-anak mulai efektif belajar piano?
    4. Saya lihat piano akustik mahal , perlu nabung dulu untuk bisa beli. Bisakah saya gunakan piano digital untuk membantu mereka melancarkan pelajaran piano dirumah? Kalo bisa. Dapatkah bapak berikan saran ke saya, harus pilih yang mana, merk apa dan seri apa berdasarkan pengalaman bapak? Kasih 3 pilihan yang kualitasnya bagus dan terjangkau ya pak.

    Demikian pertanyaan saya.
    Terima kasih atas bantuan bapak.

    Agung

    • March 16, 2012 at 11:30 pm

      1. banyak murid piano saya yg belajar karena dipaksa orang tuanya, biasanya murid2 usia SD kursus piano bukan krn kemauan si murid tp krn ambisi orang tuanya. murid yg berani minta kursus piano ke orang tuanya biasanya tanpa disuruh ia akan belajar sendiri dirumah. sedangkan murid yg dipaksa ikut kursus pasti dirumah ia ogah2an latihan pianonya. Tidak ada salahnya memaksanya terus belajar piano siapa tau suatu saat nanti ia akan tertarik dan mulai bisa menikmati permainan pianonya. tapi tdk mustahil walaupun ia terus dipaksa belajar piano selama 10 tahun tapi tetap saja msh tdk bisa menikmati permainan pianonya.

      2. banyak cara utk menarik minat mereka kpd piano. cara2 tersebut belum tentu cocok utk setiap murid, mungkin harus disesuaikan dg kondisi psikologis si anak. Dari pengalaman saya biasanya kalau si murid melihat temannya bisa bermain piano biasanya ia menjadi bersemangat latihan, entah mungkin karena ia tdk mau kalah dg temannya atau krn ikut2an kepingin bisa main piano juga. silahkan dicoba anaknya dibawa ke rumah temannya yg bisa bermain piano, suruh temannya mainin beberapa lagu siapa tau semangatnya terbakar.
      Cara lainnya bisa dengan memutar lagu2 instrumen piano klasik atau piano pop. Dengan sering mendengar lagu2 piano siapa tau pendengaran si anak menjadi familiar dg piano dan ia semakin tertarik dg lagu2 piano.
      saya tdk tahu apakah kedua cara tsb ampuh atau tdk thdp anak anda tapi tidak ada salahnya dicoba.

      3. menurut saya usia 5 atau 6 tahun sangat baik utk mengenalkan anak pd piano. tp tdk ada salahnya kalau diatas 6 tahun.

      4. Digital piano harganya ada yg 5 juta-an, 10 juta-an, belasan juta bahkan lebih dari 20 juta juga ada. Sesuaikan saja dengan dana yg tersedia. Setiap merek mempunyai kelebihan dan kekurangan masing2. saya tdk begitu hafal merek dan tipe2 digital piano yg beredar dipasaran saat ini. yang jelas saya pun menggunakan digital piano juga, yaitu Clavinova CVP-305.

  41. Moses Anderson Simatupang
    March 14, 2012 at 5:43 pm

    halo sy moses umur 14 tahun sy memang sempat les dari kelas 3 sd s/d kls 6 sd! tappi sy hanya bisa memainkan feeling saja, Saya msh kaku membaca not tangan kiri gimananya supaya sy bisa dpt membaca not tangan kiri? THX

    • March 16, 2012 at 9:15 pm

      caranya bagaimana??
      hmm..
      kalau dijelaskan dg kata2 sulit menjelaskan gimana cara bacanya.
      lebih baik cari saja instruktur/guru piano. belajar dg guru lebih terarah dan hasilnya lebih jelas dibandingkan belajar dg otodidak krn kendalanya kalau otodidak pasti nanti bingung gimana cara baca dan maininnya.

      kalau kamu sdh terbiasa main dg filling sebaiknya asah terus fillingnya.

  42. May 4, 2012 at 4:04 pm

    Aku cinta piano

  43. May 11, 2012 at 4:26 pm

    saya msh 13-an…. awal2x sih susah tapi menarik juga…smangat

    • May 30, 2012 at 2:22 pm

      nah, gitu dong.
      “SEMANGAT!!”

      • Kiara
        September 2, 2012 at 10:52 pm

        Anak saya umur 8 thn,sebaiknya les piano klasik atau piano pop atau keyboard dulu?apa drmh hrs pny piano?atau ckp hanya pny keyboard saja

      • September 16, 2012 at 1:31 pm

        Saya tidak bisa memutuskan mana yg paling baik les piano atau keyboard,
        semuanya terserah anda sebagai orang tuanya.
        kalau pendapat saya mungkin sebaiknya piano klasik dulu untuk anak2 yg usianya dibawah 10 tahun karena mereka biasanya nurut2 saja dan belum banyak maunya,
        sebaliknya bila belajar piano dimulai di usia dewasa pasti mintanya macam2, mau belajar lagu ini, lagu itu, musik pop, jazz, dll,,

        nanti kalau si anak sudah menunjukkan egonya misalnya pengen belajar pop atau jazz silahkan dipindahkan jurusannya.
        atau bila si anak sudah mulai bosan dg piano klasik mungkin boleh di coba dikenalkan dg piano pop atau di ajarkan keyboard supaya si anak tetap semangat latihannya.

        ikut les piano otomatis harus punya piano atau menggunakan digital piano juga bisa.
        ikut les keyboard sudah pasti harus ada keyboard dirumah, krn piano dg keyboard tidak sama cara mempelajarinya.
        oke, thanks,
        semoga terjawab pertanyaanya,

  44. ruth
    June 24, 2012 at 5:50 pm

    aku mau main piano karena cita2ku bukan karena cita2 tapi karena ingin bermain piano di gereja ku…..:)
    di bales yah

    • September 15, 2012 at 10:16 pm

      silahkan minta ke ortu supaya dibolehin ikut les piano

  45. verayantiambarita
    June 25, 2012 at 12:45 am

    hi,,saya umur 26 tahun,,,adakah kata terlambat untuk saya bermain piano????

    • September 15, 2012 at 10:18 pm

      murid saya ada yg usianya lebih dari 60 tahun :)

  46. Amanda Widyasari
    June 25, 2012 at 2:20 pm

    hai pak..
    saya mau tanya…
    saya sdh belajar biola,tp skrg saya tertarik dgn piano juga,
    hanya kalo piano saya hanya ingin sekedar hobi aja,
    umur udh 16 thn
    bisa ga ya?
    trz kalo mau pilih piano yg gmn bagusnya?

    • September 15, 2012 at 10:31 pm

      tdk ada kata terlambat utk belajar piano.

      kalau mau beli piano harus disesuaikan dg dananya.
      andaikan jumlah dana ‘unlimited’ saran saya pilih piano yg harganya diatas 200juta!! piano merek apapun kalau harganya diatas 200 juta pasti oke banget kualitasnya! hahaha :p

      saya tdk bisa merekomendasikan merek karena harga tidak bisa bohong, krn itulah sesuaikan saja dg kantong anda.

      sip, saya ucapkan met blajar piano

  47. June 30, 2012 at 4:50 pm

    saya tasha umur 16 tahun. saya dulu sempat les keyboard di 1 sekolah mh waktu smp tapi cuma 3 bulan aja karena ada keperluan ke luar kota jangka panjang (ga ngefek sih yah -_-). sekarang ini saya udah 3 kali pertemuan les klasik, udah tamat buku pre 1, trus diajarin chopstick udah bisa (kaya gini progresnya termasuk cepet ato biasa aja?). nah, masalahnya adalah *jengjengjeng* kata guru saya touch saya itu belum rata dan saya sendiri merasa tangan kiri saya masih kaku. berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk ngeratain touch? saya pake yamaha arius digital piano yang tutsnya ga seberat piano akustik -_-

    • September 15, 2012 at 10:38 pm

      setiap guru memiliki metode sendiri supaya muridnya berhasil, ikuti saja petunjuk dari guru anda tsb dg teknik chopstick-nya.
      semakin banyak jam terbang belajar pianonya nanti pada akhirnya pasti touchnya menjadi rata.

  48. ruth
    July 11, 2012 at 12:16 pm

    aku cinta piano…^_^

  49. July 15, 2012 at 12:29 pm

    Saya umur 15 tahun ,, taun lalu pernah belajar ama temen ,, sekitar 3 bulanan lebih lah.. teemen wa baru grade 1 .. dia ajarin gw dalam bentuk formal ,, jd diajarinnya persis kek kursus piano ,, terus saya jg ad belajar lewat internet ,, dan sekarang saya sudah oke sedikit lah tentang piano

    dirumah saya cmn ad keyboard .. sedih T_T
    karena cmn ad keyboard ,, jd bingung mw latihan apa aj dirumah …
    klw secara rinci ,, baca not balok sihh ud bisa saya ..
    tapi harus treble selese baru bass.. terus ntar baru gabung dehhh

    pertanyaan saya itu … saya pengen tahu ,, bgemana latihan yg efektif supaya saya bsa belajar piano tanpa ada piano …
    kata papa saya ,, tunggu saya ud mahir baru mw di beliin piano ..
    nahh ada saran ga dari itu ?

    boleh dibales yah lewat email :
    *****EDIT By aDMIN****

    Trims ,,, salam hangat dari pecinta piano :D

    • September 15, 2012 at 10:55 pm

      caranya coba cari piano digital spt clavinova, privia atau piano digital merek lainnya. belajar piano menggunakan piano digital bisa juga kok :D

  50. July 24, 2012 at 9:58 pm

    saya umur 15 th ..
    saya sngt tertarik dengan piano ,, rencana taun depan mw beli piano akustik ..
    tapi saya bingung mw beli yang merek ap ..
    boleh minta saran dan kritiknya ga ?
    sekalian mw tanya ,, klw 16 th belajar secara otodidak dengan mengikuti buku panduan dari sekolah musik , kemudian mengikuti free online piano lesson .. kira” butuh waktu berapa lama yah biar bisa hebat ?
    sebaiknya bagaimana cara belajar piano yang betul ?
    katanya harus belajar 5 jam sehari yah ?
    mohon pencerahanny ,,

    thx kk

    • September 15, 2012 at 11:20 pm

      Yup betul, kalo mau cepet bisa silahkan berlatih 5 jam sehari :D
      tanya: piano merek apa yg bagus?
      jawab: harga tdk bohong, silahkan sesuaikan saja dg dana yg tersedia

      tanya: belajar dg otodidak/dari video butuh berapa lama supaya hebat?
      jawab: seperti pilot,, pilot yg memiliki jam terbang 100 jam dg pilot yg pengalamannya sdh mencapai 2000 jam terbang pasti beda skillnya, begitu juga dg main piano. Misal Jody berlatih piano total2 seumur hidup baru 100 jam latihan dibandingkan dg mereka2 yg sdh berlatih lebih dari 1000 jam pasti beda skillnya dg jody.

      Saran saya:
      silahkan jalani dg tertib yg ada di buku panduan dan yg diajarkan di free online piano lesson.

      tidak ada jaminan jody bisa hebat setelah berlatih selama 1 tahun atau 5 tahun atau 10 tahun atau jangan2 jody ga akan hebat2 walaupun sdh berlatih puluhan tahun?? :p
      yg jelas kalau jody berlatih dg metode yg benar sehari 5 jam nanti 1 tahun kemudian pasti hasilnya jauuuuhhhh lebih baik dari saat pertama kali belajar piano :)

  51. Maria
    July 28, 2012 at 9:44 am

    halo..
    nama saya Maria, umur 14 th, saya sebenarnya sudah hafal dan lancar memainkan sebagian kunci spt A,B,C,C7,G,F,Am,D,Dm,Em,Bm,B7,Gm. Tapi untuk memainkan kunci seiringan dengan not lagu, saya belum lancar..
    apa telat ya untuk belajar otodidak piano di umur 14 th? adakah buku belajar piano dengan chord piano lengkap?
    Saya pengen banget seperti pemain piano di youtube.. kayaknya jarinya lentur dan lancar banget.
    Trims

    • September 15, 2012 at 11:29 pm

      hai maria,
      ada lho kakek berumur 68 tahun yg baru belajar piano!
      masa maria kalah semangat sih sama kakek2?? jadi jangan patah semangat dong! tdk ada kata terlambat belajar piano buat maria :D

      dulu aku pernah donlot ebook chord piano di 4shared. com tapi lupa judulnya, coba aja buka 4shared. com trus ketik dikolom pencarian dg jenis pencarian buku atau ebook, ketik: CHORD PIANO

  52. August 12, 2012 at 10:25 am

    Wah, sepertinya aku belum terlambat. Walaupun begini…. Dulu, waktu awal 2008 kan masih 11 tahun, aku beli keyboard kecil….. banget. Itu karena aku tertarik musik klasik. Sekarang aku sudah belajar musik dan sudah punya piano, aku suka banget, walaupun aku lesnya alat musik lain (biola).

    • September 16, 2012 at 12:33 am

      sip!!
      belajar terus yg rajin!
      Belajar dg rajin + tekun + semangat = KUNCI KEBERHASILAN

  53. jessica
    August 27, 2012 at 11:50 am

    Siang Pak!!!!

    Saya perempuan umur 24, dr dl pengen banget belajar piano tp terbentur materi,
    setelah kerja baru kesampaian.
    Uda 1.5 thn belajar, tiap hr rutin 2 jam.
    Les nya di yamah*. Jadi les bener2 belajar dari buku. Tanpa ada nya improvisasi lagu lain.
    Sekarang baca not uda lumayan lancar, bisa langsung main sambil baca kalo kunci nya di C dan G aja :p
    Klo di kunci2 lain, mesti baca beberapa kali baru jari nya nurut main.

    Yg mau saya tanya,
    1. Brp tahun lagi ya saya bisa lancar piano? Lancar dalam arti begitu liat sheet music, langsung bisa main :p
    2. hearing saya bener2 bad, guru pertama ditempat les sama sekali tidak membuatku berkembang. Karena itu di guru kedua, saya baru diajarkan hearing. Kira2 ada tips untuk hearing? Dan brp lama harus belajar hearing ya?
    3. mungkin tidak saya menjadi guru les piano dikarenakan keterlambatan saya belajar piano (umur 23thn).
    4. bisa diajarkan tips untuk improvisasi?

    Terima kasih banyak

    Best regards,

    • September 16, 2012 at 12:54 am

      1. saya tdk bs memastikan berapa tahun lamanya, tapi yg jelas kalau mau cepat lancar jangan baca not yg itu2 aja, cari sebanyak2nya buku piano yg tingkat kesulitannya sesuai dg levelnya. latih terus sheet2 tsb, kalau sdh lancar cari lagi sheet yg lainnya, begitu seterusnya,,, saya kalau lagi dateng sablengnya kalau main piano ambil 1 buku lalu saya mainkan buku tsb, maka saya “tdk akan berhenti” sebelum 1 buku tsb selesai saya mainkan dari halaman 1 sampai halaman terakhir… krn itulah saya unggul dalam membaca sheet2 yg baru (tentunya sheet yg se-level dg kemampuan saya).
      entah sudah berapa ribu atau puluhan ribu lembar sheet yg saya baca…

      2. baca pelan2 semua komentar2 saya diatas, ada kok pengunjung blog dihalaman ini yg bertanya tentang hearing lalu saya jelaskan dg panjang lebar termasuk tips2nya supaya skill hearing meningkat. saya ga mau ngetik dua kali, males ah!!! hehehe, :p

      3. terus belajar yg rajin dan tekun, nanti 10 tahun lagi anda bisa menjadi guru piano atau paling cepat 5 tahun lagi.

      4. mau tips improvisasi?? jawabannya sama spt no.2, baca aja halaman blog ini dari tulisan yg paling atas baca terus pelan2 sampai tulisan yg paling bawah, saya ga mau nulis 2x, pegeeeeel!!!! hehehe :D

      oke, yg semangat ya belajarnya!!

      • jessica
        September 17, 2012 at 10:36 am

        iya terima kasih saran dan pendapatnya :)
        akan selalu semangat :D

  54. danesh
    August 30, 2012 at 1:03 pm

    aq umur 9 tahun aq punya piano but aq gk tau cara main yg benar gmn y cara main piano yg benar?

    • September 16, 2012 at 1:11 am

      minta ke mama/papa/oma/mbah/paman/bibi/…
      pokoknya bilang saja ke mereka kalo danesh mau ikut kursus piano, oke?

  55. alvin
    September 4, 2012 at 1:55 pm

    hai pak junaidi.. saya sudah baca blog nya. pertama, terima kasih bgt ats info, tips dan motivasinya. saya jadi semangat utk belajar piano lg. :)

  56. September 23, 2012 at 6:10 am

    aslm. wr. wb.
    Kumaha damang Kang Guru? ane subcribe blog ente, kayaknya aktip bangget niech… ckckck…
    mau tanya, saya pria, 23 mau 24 tahun. kl baru belajar piano telat tidak ya? (bosen-bosen loe ditanyain beginian :p)
    Om Jun, ane belajar piano otodidak dari mbah gugel (kga punya duit buat les, duit ditabung buat mas kawin, merit aja ikut merit massal) kl masalah telinga (meraba suara) si ga masalah, udah latian ngulik gitar dari jaman smp ampe radio jebollll!!! :D

    Nah, pertanyaanya ga ada pertanyaan, gmn dong ya??

    Demikian dari saya, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Mohon maaf jika ada yg salah ketik. :p

    Salam,

    fhw

  57. Deby
    October 20, 2012 at 10:29 am

    Tadinya sih searching Tone (photographi) gak tau gimana eh malah nyangkut di sini,, ya udah sambil iseng Baca blog nya pak junaidi ini.. Ehh,, setelah di baca2 malah bikin semangat ingin belajar lagi piano yang dulunya sudah luaaama banget terpendam karena beberapa hal (saking lamanya mungkin dah jadi fossil kali),, terus sekarang aku putusin pengen belajar piano lagi tapi belajarnya otodidak aja nih (biasa anak kuliahan yang gak modal). nah pak junaidi bisa kasih referensi buku-buku piano gak, ntah itu yang dari domestic atau dari Overseas,, soalnya dulu (waktu cita2 belon jadi fossil) sering beli buku piano, tapi yang aku rasain buku-buku itu cuma nyinggung kulit luarnya saja, kalo bisa di kasih authornya juga ya pak,

    Terima kasih,
    salam
    Deby

    • November 16, 2012 at 2:55 pm

      buku piano klasik level basic/pemula: john thompson beginner, beyer op.101, afred’s basic piano course, dan masih banyak puluhan bahkan ratusan judul lainnya mulai dari buku piano klasik, piano pop, piano jazz atau bahkan piano rock..
      utk lengkapnya silahkan tanya mbah google.
      ok, met belajar piano :)

  58. Husnul
    November 26, 2012 at 8:00 pm

    Saya sudah berumur 13 tahun, tapi saya ingin sekali bisa piano yang klasik, inginnya sih jadi profesional, udah terlambat apa belum ya ???

  59. Anisa
    November 26, 2012 at 8:51 pm

    saya umur 13 th ..
    saya sngt tertarik dengan piano ,,
    klw belajar secara otodidak dengan mengikuti buku panduan dari sekolah musik , kemudian mengikuti free online piano lesson.. tapi aku belum tahu sama sekali tentang tuts piano, kira” butuh waktu berapa lama yah biar bisa hebat ? tapi kalau cuman belajar mengikuti buku panduan dari sekolah musik , kemudian mengikuti free online piano lesson (youtube) bisa nggak aku hebat main piano kayak maxim kalau latiahnya setiap hari.. atau lebih bagus yah kalo ngambil guru private?
    sebaiknya bagaimana cara belajar piano yang betul ?
    katanya harus belajar 5 jam sehari yah ?
    mohon pencerahannya ,,

    • January 7, 2013 at 12:38 am

      1. berapa lama bisa hebat main piano?
      saya tdk bs jawab, krn hanya “waktu” yg bisa menjawabnya… bisa 1 bulan, 5 bulan, 1 tahun, 3 tahun, 5 tahun, 10 tahun bahkan bisa 100 tahun

      2. apakah bisa hebat spt maxim?
      yg jelas kalau sehari sanggup latihan 5 jam sehari saya jamin pasti tahun depan jauh sekali dg skill yg skrng,,
      maxim wkt belajar piano menghabiskan waktu sehari 7 jam (bahkan lebih) latihan piano, setelah bertahun2 kemudian baru beliau turun gunung…
      kamu ikuti saja cara latihannya maxim,, 5 jam sehari atau lebih,, setelah beberapa tahun kemudian silahkan turun gunung, mungkin esok hari gantian saya yg belajar ke kamu :)

      3. bagaimana cara latihan piano yg benar?
      teknisnya sulit dijelaskan melalui tulisan, silahkan tanya ke guru piano kamu bagaimana cara melatih teknik ini, cara melatih itu dan seterusnya…

      4. cara belajar yg terbaik dg otodidak atau dg guru?
      cara belajar yg terbaik yaitu cari guru piano :)
      kemudian ikuti pelajarannya dg baik dan penuh konsentrasi.
      nanti pasti di kasih PR,
      nah, PR tersebut latih yg rajin!
      kalau perlu, kamu bisa minta PR yg buaaaanyak dari guru kamu tsb dg catatan pd pertemuan berikutnya PR tsb harus ‘lancar semuanya’!

      PR dikerjakan dg baik = kemajuan
      PR yg kamu terima tidak tanggung2 banyaknya dan km sanggup ‘menyelesaikan semuanya’ dg baik = kemajuan/skill meningkat drastis!
      PR tdk dikerjakan = Jangan berharap cepat bisa main piano
      PR tdk dikerjakan + tdk pernah/jarang latihan = MIMPIIII KALEEEE!! :P

  60. rizal
    December 6, 2012 at 10:48 am

    saya waktu smp sudah blajar selama 4 bulan, tp sekarang saya udah 20 taun (udah kuliah)
    tp ane pngen bisa mainin lagu piano klasik nih, seperti chopin waltz dsb, soal nya ane jatuh cinta sama piano, apa kah masih bisa??
    tp dulu ane cuma blajar chord pas waktu smp..
    terimakasih.
    rizal.

    • January 7, 2013 at 12:10 am

      bisa,
      syaratnya satu: BELAJAR YG RAJIN DAN TEKUN :)

  61. Beny panjaitan
    December 6, 2012 at 6:13 pm

    gimana kalo mau jadi seperti wolfgang amedeus mozart apakah terlambat bila umur saya 13 tahun

    • January 6, 2013 at 11:39 pm

      kalau tdk salah mozart umur 3 tahun mulai belajar piano.
      Umur 4 tahun lg imut2nya si mozart kecil sanggup mencipta lagu (dg menulis pd notasi balok)
      umur 5 tahun terus mencipta lagu (dg menulisnya pd notasi balok)
      umur 6 tahun semakin hebat saja karya2 ciptaannya sehingga banyak orng yg mengagumi kecerdasannya…

      kalau kamu skrng berumur 13 tahun dan ingin tau apakah kamu bs seperti mozart??
      silahkan belajar musik di usia skrng.
      lalu umur 14 tahun ciptakan musik,
      umur 15 tahun terus ciptakan musik,
      umur 16 tahun lihat apakah karya2 ciptaan kamu itu bagus dan sebanding/selevel dg karya2 ciptaan mozart yg masih berumur 6 tahun dan apakah karya2 kamu mendapatkan pujian dari orang2 yg mengerti musik?

      lalu bandingkan yg ini juga:
      mozart dg hanya melihat partitur saja (notasi balok) maka bunyi dari susunan2 not balok pd partitur tsb terbayang di otaknya,,
      (silahkan kamu beli buku lagu2,, lalu baca not2 balok tsb.. apakah kamu bisa membayangkan nadanya spt apa padahal kamu belum pernah dengar lagunya??)

      Mozart hanya mendengar sekali saja beberapa orang bermain musik secara bersamaan, ia sanggup menulis semua instrument tsb kedalam notasi balok!!

      Mozart juga sanggup menulis musik utk Orchestra dg kecepatan yg luar biasa seolah2 ia adalah dewa musik, alunan musik mengalir begitu saja saat jarinya menyentuh tinta dan mulai mengukir rangkaian nada2 di kertas yg ia tulis.. mengalir begitu saja…
      ia banyak menulis komposisi2 musik disaat berada di taman, di kamar, dan dlm perjalanan (jaman dulu menempuh perjalanan 100km bisa berhari2 bahkan berminggu2 dg duduk manis di kereta kuda, kalau sekarang, naik mobil/kereta/peswat hanya sekejap saja sdh sampai di tujuan! dikisahkan juga bahwa mozart banyak menghabiskan waktu dari hidupnya di kereta kuda tsb, kalau kita berada di kereta kuda tsb mungkin bengong ga jelas atau membaca dan lain2, tapi mozart memanfaatkannya utk berkarya menulis komposisi musik)..

      kalau km merasa memiliki kemampuan musikalitas/skill yg sama dg si manusia jenius tsb (mozart) mungkin kamu adalah reinkarnasi dari mozart :)

      para komposer pada umumnya belajar yg namanya ilmu harmony, ilmu kontrapung dan lain2..
      tetapi Mozart tdk mempelajari secara khusus ilmu2 tsb! ia terlahir di dunia seolah2 ilmu2 tsb sdh menempel di kepalanya sejak lahir..

      pd zamannya, banyak yg iri dg kejeniusan mozart,
      termaksud di jaman sekarang banyak yg iri salah satunya yaitu saya.. mengagumi dan sangat iri dg kejeniusan mozart si bocah ajaib…

      • Irma
        January 11, 2013 at 5:18 pm

        Saya Irma 18th, tertarik sekali dgn piano setelah mendengar alunan piano ”River flows in you by Yiruma”. Tetapi belum menemukan waktu yang pas untuk latihan secara maksimal. Karena sy juga kuliah smbl bekerja. Sy tdk ingin latihan main2 atau hanya sekedar belajar yang tidak tuntas. Oleh krn ituu, sy rencana mau ambil kursus piano setelah sy selesai kuliah, bgaimna pak? Apakah ada kemungkinan sy akan terlambat?

      • June 6, 2013 at 7:20 am

        belajar piano butuh pengorbanan, pengorbanan apakah itu??
        yaitu pengorbanan meluangkan waktu utk berlatih. kalau ingin sukses pandai bermain piano maka konsekuensinya harus bisa meluangkan waktu utk latihan. Silahkan atur jadwal latihan secerdas mungkin. buat target sehari sanggupnya latihan berapa jam?
        usahakan rutin, jangan sampai hari ini sanggup latihan 4 jam, lalu ketemu lagi latihan 1 minggu kemudian. itu kurang bagus, lebih baik latihan sehari 30menit setiap hari (jadi total seminggu 4 jam) daripada latihan sehari langsung dihajar 4 jam latihan…
        silahkan atur jadwal latihan secerdas mungkin krn mustahil bisa main lagunya yiruma tanpa latihan yg cukup.
        intinya: Tidak ada kata Terlambat!
        ok, selamat belajar piano.
        Sukses selalu!! :)

  62. January 27, 2013 at 9:04 pm

    KAQ AKU pengen bnget menguasai piano, mksud nya pngen jadi orang hebat bermain piano. tapi sjak dari kecil gakpernah ngikuti les piano. trus kaq yang aku tanya, msalnya aku ngikuti les piano dri usia skrang 17 tahun, apa aku bkln bisa nguasai nya ?

    • June 5, 2013 at 4:45 pm

      mulai hari ini, mulai detik ini latihan sehari minimal 5 jam!!
      nanti usia 25 tahun pasti menguasainya dg baik dan siap tempur :)

  63. March 2, 2013 at 10:51 am

    saya mau tanya nih , sekarang umur saya 16 tahun dan ikut les piano klasik .. saya ingin jadi pianist dunia terkenal .. apakah masih bisa yaaa? biasanya les piano umumnya bisa tamat berapa tahun?

    kalo piano klasik sama pop itu bagusan mana?

    • March 12, 2013 at 12:15 am

      1. Mau jadi pianist dunia terkenal?
      Syaratnya 1: Latihan piano sehari 10 jam setiap hari!! :D

      2. Perlu diketahui belajar piano tdk ada tamatnya.. 20 tahun belajar juga ga akan tamat2.. ibarat air dilautan, kalau diliat dari atas permukaan air (ilmu pianonya dilihat secara sekilas) yg keliatan cuman permukaannya aja, dalamnya/isinya spt apa tdk terlihat..
      tetapi begitu kita menyelam kedalamnya… disitulah baru terlihat luaasssssss sekali (ilmu piano bila didalami tidak ada habis2nya…. ibarat seluas air dilautan). Seumur hidup belajar piano juga belum tentu tamat :p

      3. Piano pop/klasik bagusan mana?? tergantung seleranya apa, kalau saya bilang dua-duanya bagus. kalau saya bertanya ke kamu enakan mana ayam goreng atau bebek goreng pasti selera kamu belum tentu sama dg selera orng lain atau bahkan mungkin kamu jawabnya spt ini: “dua2nya enak”

  64. Kevin
    March 27, 2013 at 9:24 pm

    Saya umur 15 th. saya udah belajr musik tp dari dulu gada yg cocok. dari drum, gitar, biola. nah menurut saya, saya tertarik sama piano. apa telat belajar piano dari umur 15th? byk yg menyarankan saya main keyboard aja, nah apa bedanya piano dan keyboard? katanya keyboard lbh mudah? apa keunggulannya? berapa lama ya be;ajar piano sampai kata “bisa” aja? mnurut agan gmn? thankssssss.. Good Post, trus berkarya gan :)

    • June 5, 2013 at 4:39 pm

      piano dg keyboard sama2 susah kalau dipelajari dari nol :)
      keunggulan piano yaitu suaranya yg akustik alami, sedangkan keunggulan keyboard memiliki banyak fitur spt style musik (organ tunggal), recording dan lain2.
      kata “bisa” disini sulit di terjemahkan..
      kalau “bisa” bermain lagu twinkle2 little star melodinya doang dg tangan kanan cukup latihan setengah jam pasti sdh langsung bisa (murid2 saya yg masih TK aja bisa) :)
      kalau “bisa” bermain lagu spt yg dimainkan kevin aprilio atau maxim… hmm.. butuh berbulan2 bahkan bertahun2 kalau dari nol belajarnya :)

  65. April 16, 2013 at 10:16 pm

    om saya ambil les piano klasik dan saya baru ambil les itu di umur saya yang ke16, saya mulai dari nol, yang saya mau tanyakann itu bagaimana saya bisa latian selama 5 jam atau 3 jam per hari jika materi yang di kasi guru les itu sederhana, dan bagaimana itu bisa saya solusinya supaya materi yang sederhana di tingkat pemula itu bisa saya pelajari selama berjam jam. berikan solusinya..

    nama:Kevin sauta

    • June 5, 2013 at 4:31 pm

      bilang ke guru les km kalau kamu sanggup latihan sehari 5 jam, dan kamu bilang terus terang ke beliau minta materi yg banyak krn materi yg dikasih terlalu sedikit dan terlalu mudah (tdk ada tantangannya). kalau guru kamu masih melambat2kan progres kemajuan kamu.. sebaiknya kamu cari guru lain :)
      sip, terus yg semangat latihannya!!

      • July 17, 2013 at 9:21 pm

        makasih om untuk masukannya.. oh iya om supaya kita bisa paham belajar secara otodidak setelah les, misalkan belajar di rumah rekomondasikan dong cara belajar piano di luar pelajaran yg di kasi guru di les..?? makasi

      • May 27, 2014 at 10:08 am

        belajar dari youtube :)

  66. asrimysh
    April 21, 2013 at 9:00 pm

    umur saya skrg 16tahun, terlambat ga sih utk belajar piano? soalnya sgt tertarik. kira2 berapa tahun wkt yg dibutuhkan untuk lancar memainkan piano?

    • June 5, 2013 at 4:22 pm

      kalau sanggup latihan minimal 5 jam sehari dimulai dari hari ini dan konsisten latihan setiap hari dg metode belajar yg benar…
      saya yakin tahun depan sdh lumayan skillnya, 5 tahun kemudian sdh hebat dan layak recording, 10 tahun kemudian pasti jadi dewa piano!! :D
      tapi kalau jarang latihannya… hmmm.. sebaiknya main piano sbg hobi saja mudah2an beberapa bulan kemudian sdh bisa main beberapa lagu :)

  67. April 24, 2013 at 8:36 am

    KK akuni msi umur 12 mau msk 13 ni skrng tapi aku lagi suka banget jdi jago main Musik Piano ama Guitar nahhh Piano ni yang susah kakak gimanna ya biar aku bza ceepet hebat mainn pianonya :( soalnya orang” di rmh nggak ada yang ngedukung aku padahal aku mau banget biar jdi macam k’kevinaprilio hehe

    • June 5, 2013 at 4:18 pm

      kevin berlatih piano sehari 5 jam, kalau kamu mau lebih hebat dari kevin kamu harus berlatih sehari 10 jam :D
      kalo kamu jarang latihan atau cuman latihan seminggu sekali dan itupun hanya berlatih satu jam saja seminggu sekali…
      jgn harap bs jago spt kevin, Mimpiii KALEEEE!! :P
      AYOO LATIHANNYA YANG SEMANGAATT!!!

  68. hermawan
    May 17, 2013 at 1:05 am

    Saya sekarang berusia 18 tahun baru tertarik yang namanya piano setelah melihat beberapa pertunjukan2, dan rasanya ingin sekali memiliki piano sendiri dan memainkanya tetapi orang tua saya mengatakan bahwa memainkan piano tidak penting, mereka mengatakan “ buat apa sih main piano, nggak ada gunanya. Lebih baik mikirin kerja bantu2 aja, atau ngambil bisnis atau arsitek atau dll. ”
    Ya orang tua saya sendiri menganggap bermain musik tidak ada gunanya, Aku sangat kecewa dengan watak dan pemikiran orang tua saya. Jika seandainya di Rumah saya ada piano langsung saya akan gigih dan giat belajar piano bahkan saya akan mendisiplinkan diri untuk bermain piano. Harga piano kira2 paling murah berapaan ya, bekas apapun saya mau beli pakai uang saya sendiri karena orangtua saya tidak mau membelikan piano aku kecewa atas semua itu..

    • June 5, 2013 at 3:47 pm

      tidak apa2, semua orang tua bervariasi pandangan dan cara berpikirnya, mungkin orng tua kamu belum terbuka pikirannya dg yg namanya “piano”.
      kalau mau tau harga piano coba aja cari di goolge. yg belasan juta ada, yg puluhan juta ada, yg ratusan juta juga ada, bahkan yg lebih dari 1 M juga ada :D
      kalau mau hemat, cari aja piano digital (jangan tanya saya apa itu piano digital dan berapa harganya, cari aja sendiri di google, ocee?)
      ok, selamat berlatih piano
      Semangat!!

  69. sita
    May 20, 2013 at 1:43 pm

    halo saya sita 14thn. sekarang saya sudah mengikuti les piano.. tapi saya latihan di rumah memakai keyboard. apakah tidak apa-apa? les piano tetapi di rumah pakai keyboard? terimakasih.

    • June 5, 2013 at 3:42 pm

      ga masalah,
      mungkin nanti adaptasinya yg agak lama…
      dirmh pakai keyboard yg tutsnya ringan begitu di tempat les ketemu piano yg tutsnya berat.
      sebagai perbandingan saya belajar piano berlatih otodidak dirumah dg menggunakan keyboard tanpa pernah menyentuh piano, 4 tahun kemudian baru saya bertemu piano betulan dan mulailah jari saya beradaptasi dg tuts2 piano tsb :D

  70. chalvin
    May 31, 2013 at 12:50 pm

    pak, klo mau mainin chord, tangan kanan kita bermainnya gimana.??
    dan juga klo ga tau chordnya gimana cara nebak chordnya.??

    • June 5, 2013 at 3:36 pm

      Kalo mau main chord pake tangan kiri, tangan kanan bermain melodi.
      kalau mau tangan kanannya yg bermain chord, tangan kirinya sebagai bas.
      kalau ga tau cara main chordnya, cari aja di goolge gambar chord keyboard atau cari di toko buku chord utk keyboard/piano.
      kalau ga tau cara nebak chordnya.. harus latihan krn tdk semudah itu sim salabim bs langsung menebak chord, tdk instan…
      belajar bisa membutuhkan waktu mingguan, bulanan atau bahkan tahunan baru bisa nebak chordnya. tergantung latihannya.
      met belajar chord :)

      • faisal
        January 3, 2014 at 4:39 pm

        Hallo,sang at informatif webnya. Mau Tanya say a usia 20 thn sang at suka lagu-lagu Disney/josh gorban. Yang say a tanyakan utk bisa memainkan lagu 2tsb baiknya say a les piano klasik/kontemporer(pop&jazz).

        Terima kasih

      • May 22, 2014 at 12:24 am

        lagu disney/josh gorban masuknya kedalam kategori musik POP,
        jadi menurut saya sebaiknya yg di pelajari adalah yg khusus musik pop (bukan jazz).
        Tapi sebaiknya mempelajari piano klasik terlebih dahulu. karena notasi musik (not balok), ritmik, dinamik, teknik dasar dan lain2 adanya di piano klasik.

        kalau masuk ke hutan belantara dg telanjang bulat tanpa perlengkapan dan persiapan maka ga akan bs bertahan lama didalamnya, tentunya hrs dg persiapan2 dg membawa bekal yg cukup. nah.. bekal dan persiapan2 tsb ibaratnya adalah piano klasik :)

  71. June 24, 2013 at 9:21 am

    Saya Dandy 15 th.Saya sudah bermain piano klasik selama 7tahun.tapi saya ingin bisa mengringi lagu.Tolong Donk Ajarin Saya Trik Mengiringi lagu Misalnya Di CHord .

    • May 27, 2014 at 11:10 am

      Sebaiknya dandy perdalam teori musik, cari bukunya di toko buku atau yg versi ebook di internet. Kalau sudah mengerti teori musik selanjutnya adalah mencari buku piano improvisation atau music arrangement atau buku lainnya yg berhubungan dengan improvisasi, komposisi dan aransemen.

      Ini sekedar saya kasih tau trik mengiringi atau mencari chord pada lagu tp syaratnya adalah sudah menguasai teori musik dengan baik.
      silahkan disimak, semoga mengerti, kalau ga ngerti penjelasan saya ini berarti Dandy belum menguasai ilmu teori musik dengan baik.

      1. sebuah Lagu selalu memiliki pergerakan atau progesi chord, misalnya C – Dm – G – C
      nah, C Dm G C namanya adalah progesi chord.
      2. progesi chord dilambangkan sebagai berikut:
      Misal pada tangga nada C mayor,
      tingkat I = C
      tingkat II = Dm
      tingkat III = Em
      tingkat IV = F
      tingkat V = G
      tingkat VI = Am

      *perhatikan chord2 diatas dan nama tingkatan2nya!
      Pada sebuah lagu sederhana/mudah, pada umumnya tingkatan akord yang digunakan adalah tingkat I, IV dan V seperti pada lagu ibu kita kartini, twinkle2 little star, balonku, lupa2 ingat (kuburan), dll..

      Nah, ini saya kasih contoh cara mencari chord pd lagu balonku:
      BALONKU ADA LIMA
      RUPA RUPA WARNANYA

      sekarang coba pada lirik balonku ada lima, coba diiringi dengan tingkat chord I, kalau tidak masuk coba dengan tingkat IV, kalau tdk masuk juga chordnya maka pilihan terakhir adalah tingkat V.
      kalau ternyata tingkat I, IV dan V tidak ada yg pas itu berarti kuping Dandy yg bermasalah :p
      solusi terapi buat kuping yg bermasalah adalah silahkan belajar EAR TRAINING (jgn tanya ear training itu apa dan bagaimana cara latihannya, coba scroll ke atas, saya sdh pernah menjawab pertanyaan, cara atau tips belajar ear training di komentar2 diatas)

      oke, kembali ke lagu balonku , lagu balonku misal dimainkan pd tangga nada C mayor.
      maka tingkat I adalah C, tingkat IV adalah F dan tingkat V adalah G.
      kalau kamu berhasil menemukan akordnya lagu tsb coba cek jawabannya:

      chord C => BALONKU ADA LIMA
      chord G => RUPA RUPA WARNANYA

      oke, selamat mencoba, semoga penjelasan saya bisa dipahami :)

  72. cyntia
    June 30, 2013 at 1:44 pm

    halo kak, nama saya cyntia, umur 16 thn. saya bisa bermain piano, tapi saya tidak dapat membaca partitur, jadi saya belajar menggunakan video tutorial. saya sudah les selama 2 bulan dan saya sangat ingin memainkan sebuah lagu, tetapi video tutorialnya tidak ada, jadi saya harus bisa membaca sheet musicnya. di sheet musicnya ada 5 tanda kres. jadi cara bermainnya bagaimana kak? terima kasih kak

    • May 27, 2014 at 10:36 am

      Kamu harus belajar teori musik dulu supaya mengerti apa itu tanda kres (sharp), mol (flat), natural, tanda istirahat, nilai not balok, kunci, chord mayor/minor, interval, tangga nada, dll..
      Pertanyaan kamu sulit dijelaskannya kalau kamu belum mengerti teori musik dasar, ibarat anak TK yg baru belajar menjumlah dan kurang2an lalu minta paksa diajarin rumus E=MC2 atau persamaan kuadrat..
      Ibarat menghitung saja masih belum bisa apalagi belajar rumus2 matematika.
      nah, seperti itu perumpamaannya.

      Oke, ini saya jelasin maksud 5 tanda kres itu apa, maksudnya adalah lagu tersebut dimainkan pada tangga nada B Mayor. tanda kres lambangya adalah: #
      Tangga nada B mayor adalah: B C# D# E F# G# A# B
      (coba lihat, jumlah kresnya ada 5 ya kan?? yaitu C# D# F# G# dan A#)

      *kalau tanda kres itu ga tau maksudnya apa dan bagaimana cara membacanya.. hmm.. ibarat anak TK baru kenal huruf dan baru belajar berhitung tp sdh pengennya diajarin rumus2 matematika SMA

      kalau mau belajar teori musik Silahkan cari buku teori musik di toko buku atau cari yg versi ebook di internet.
      Met belajar sheet music ya :)

  73. AdekBudi
    July 8, 2013 at 3:39 am

    pak,saya sekarang umur 19 dan ingin belajar piano klasik,
    sy obesitas pak,apakah obesitas tubuh mempengaruhi kelancaran bermain piano? dan berapa lama kira” untuk bisa menjadi professional pak ?
    terima kasih :)

    • May 27, 2014 at 10:14 am

      dalam bermain piano yg menggerakan tuts adalah piano, bukan badan. Menurut saya selama masih bisa menekan tuts dan tdk merasa kesulitan pasti bisa belajar.
      untuk bs menjadi profesional tergantung latihannya, bisa 1 tahun, 5 tahun, 10 tahun, 20 tahun, 50 tahun, bahkan sampai 100 tahun-pun belum tentu bs menjadi profesional kalau tdk/jarang latihan.

  74. Sarah Amirah
    July 18, 2013 at 12:45 pm

    Saya berumur 14 tahun. Gimana cara belajar piano agar bisa menjadi maxim atau mozart? Sedangkan saya belum mengenal chord yang ada dalam piano. Tapi aku sering belajar piano melalui aplikasi di ipad saya, tapi aku cuma bisa mainin lagunya we will not go on ost. Titanic. Apakah aku bisa hebat kayak maxim dan butuh waktu berapa lama aku jago main piano, rencananya sih aku mau beli keyboard, yah keyboard dulu lah yahh. Nanti klo udh agak mahir bru beli piano hehehe. Apakah aku bisa mahir tanpa guru private ataupun les piano?

    • May 24, 2014 at 11:25 pm

      kalau km tergolong anak yg Cerdas mungkin bisa mahir belajar piano dg cara otodidak. tapi kalau kamu tergolong anak yg biasa saja atau bahkan kurang maka wajib hukumnya mencari guru piano.
      Mau bisa main piano spt maxim atau mozart??
      hmm.. syaratnya berat..
      mau tau syaratnya???
      (sssttt… jangan bilang siapa2 ya, ini rahasia lhoo..)
      syaratnya adalah.. (janji lho.. jgn bilang siapa2 ya??)
      …syaratnya adalah… latihan 5 jam sehari..

      knp hrs 5 jam??
      krn maxim latihan 7 jam sehari!!
      kan kamu mau jd spt maxim??
      krn maxim latihan 7 jam sehari maka km hrs latihan 5 jam sehari.
      lhooo… kok 5 jam?? bukan 7 jam???
      iyaaa… itu kalau kamu lebih cerdas dari maxim maka buat km cukup sehari 5 jam, tp kalau kamu kalah cerdas dg maxim berarti kamu harus latihan lebih dari 7 jam misalnya.. 10 JAM SEHARI!! hehehe :D

      Sarah amirah: “Duhh,,, kakakkk,, aku kan sekolah?? mana mungkin latihan sehari 7 jam??? nanti dimarahin mamah papah krn bolos sekolah atau ga ngerjain PR gara2 kelamaan latihan piano??”
      kak junaidi: “lahhh… katanya mau menjadi seperti maxim/mozart?? sanggup ga?? kalau ga sanggup ya ga usah”

      hehehe :p

  75. maknya elle
    July 20, 2013 at 4:48 pm

    Saya mau les anak saya usia 5 tahun, berhubung belum tahu bakatnya dimana bisakah bila saya hanya memiliki organ ? Mohon advisenya.

    • May 24, 2014 at 11:06 pm

      Menurut saya sebaiknya spt ini:

      kalau di rumah adanya organ maka kalau mau diberikan kursus sebaiknya adalah kursus Organ.
      kalau punya keyboard, dikursuskannya keyboard.
      kalau ada piano, silahkan dikursuskan piano.
      kalau dirumah adanya misalnya hanya drum saja maka sebaiknya lesnya adalah les drum.
      dst…

  76. Dorothy Boyle
    September 1, 2013 at 8:45 am

    Kak, klo ABRSM/Royal (apapun itu) itu penting ga? Sekarang aku les piano di yamaha, udh buku 8 dari 12, tp di yamaha ga ada royal/abrsm. Aku sekarang kls 7, mulai belajar piano kls 2. Pas aku kls 4, banyak temen-temenku yg juga les piano ngomongin ujian royal lah. Trus aku tanya, emang royal itu apaan? Mereka jawab klo royal itu ujian yg sama org luar, nanti dapet sertifikat gitu lah. Makanya aku mau tanya sertifikatnya abrsm/royal itu penting ga?

    Trus, yamaha itu ga ngajarin teori. Menurut kaka sendiri, teori itu penting ga? Meskipun aku ga belajar teori, tp aku dapet pelajaran teori musik di sekolah dan aku tetep bisa main piano. Jadi, teori itu penting ga?

    Terakhir, menurut kaka, apakah les piano klasik itu lebih penting dari genre lainnya(ex:pop, jazz)? Aku suka banget sama klasik, tp juga pengen sedikit-sedikit bisa genre lain. Kakak kelasku yg udh jago banget pianonya bilang, klo pengen bisa macam-macam genre, mendingan belajar klasik dulu, nanti bisa diimprovisasi sendiri. Bener ga?

    Maap ya nanya kebanyakan, thx ka!

    • May 24, 2014 at 9:09 pm

      Apakah sertifikat ABRS/royal penting?
      -kalau niat mau jadi guru piano, sertifikat tsb adalah PENTING.
      -kalau niat mau kuliah di jurusan musik di luar negeri, sertifikat tsb juga PENTING.
      -kalau hanya ingin bisa bermain piano utk sekedar menghibur diri atau menghibur orng banyak/tampil di depan orng banyak, maka penonton tdk akan melihat ijasah kita, tp yg dilihat adalah SKILL kita bermain piano, dengan begitu sertifikat menjadi ………

      Apakah teori musik penting??
      jawab: SANGAT PENTING
      utk apa???
      - kalau mau belajar improvisasi, butuh pengetahuan teori musik.
      - kalau mau belajar aransemen piano, teori musik juga pasti dibutuhkan.
      - kalau mau belajar membuat komposisi mencipta lagu piano, teori musik juga dibutuhkan bila ingin komposisinya menjadi lebih baik
      - kalau cuma sekedar bisa bermain piano utk menhibur diri sendiri atau sebagai hobi saja maka belajar teori musik adalah ……….

      Apakah belajar piano klasik penting??
      Semua pianis/musisi pop ternama spt David Foster yg jago bikin lagu + piano pop, awalnya pasti belajar piano klasik.
      Semua pianis/musisi JAZZ ternama spt chick corea dkk pasti awalnya juga belajar dari piano klasik.

      Kesimpulannya: semua pianis pop dan jazz awalnya belajar piano klasik. Dengan begitu maka belajar piano klasik menjadi ……….

  77. Resminingsih
    September 14, 2013 at 11:25 am

    Saya senang sekali baca pengalaman dari teman teman di blog ini….sungguh suatu hiburan bagi saya….karena saya sudah berumur hampir 68th ,ibu rumah tangga dan pensiunan…anak anak sdh berkeluarga dan bekerja diluar kota….sehari2nya saya sudah 8than memanfaatkan piano yg dirumah krn gak ada yang memainkan…saya coba mainkan tut2 piano kalo dirumah hampir tiap hari….sempat les 2 tahun yang lalu…piano klasik…sekarang saya mulai menyenangi belajar sendiri dari buku/partitur….ternyata asuiiiik juga….jika cucu2 datang bisa mbantuin belajar main piano…..dan menghibur sekali disaat sudah tua begini…..dulu saya hobi main tenis…sekarang sdh gak main lagi…tapu ganti hiburan main piano…….buat teman2 yang masih muda manfaatkan waktumu sebaik2nya…..saya juga tidak merasa terlambat belajar main piano….mohon komentarnya pak Junaedi….semoga menjadikan lebih semangat lagi……makasih

    • May 24, 2014 at 8:44 pm

      Waahhhh… saya salut dg Ibu Resminingsih yg sdh berumur 68 tahun (terhitung dari th 2013) msh semangat belajar piano.
      Tentunya yg muda2 jangan kalah doonggg!! :D

      Sebagian orng berpendapat berlajar piano adalah hal yg membosankan dan jenuh,
      sementara sebagian yg lainnya merasakan belajar piano adalah hal yg PALING menyenangkan, spt saya, Ibu Resminingsih dan mungkin yg lainnya..

      Buat teman2 yg masih merasa malas dan bosan belajar piano, ayoo donggg… malu tuh sama Ibu Resminingsih! Kudu dicontoh semangatnya ibu Resminingsih!! :)

      TETAP SEMANGAT!!!

  78. bianca
    September 28, 2013 at 8:20 pm

    Saya berumur 21tahun , kebetulan saya sangat menyukai musik2 klasik seperti Chopin, Bach dsb.. Jika saya les piano kira2 terlambat tidak untuk sekedar mahir membawakan karya mereka? Sebetulnya saya sudah sering mendengarkan musik klasik dr kecil, terutama Chopin , tetapi karna keterbatasan dana saya baru mampu untuk les piano sekarang.. Kira2 perlu jangka berapa lama jika saya les dan menekuninya? Terima kasih :)

    • May 24, 2014 at 8:29 pm

      Lagu2nya Chopin adalah lagu level tingkat tinggi.. tingkat kesulitannya => LUAR BIASAA…
      ini menurut perkiraan saya:
      - sanggup latihan 1 jam setiap hari dg rutin dan konsisten, mungkin butuh waktu 10 tahun.
      - sanggup latihan 3 jam setiap hari dg rutin dan konsisten, mungkin butuh waktu 8 tahun.
      - sanggup latihan 5 jam setiap hari dg rutin dan konsisten, mungkin butuh waktu 5 tahun.
      - sanggup latihan 7 jam setiap hari dg rutin dan konsisten, mungkin butuh waktu 3 tahun.

      *kalau latihannya hanya sanggup “Seminggu Sekali” dan itupun hanya 1 jam saja utk latihannya yaitu latihan hanya pada saat les piano saja.. hmmm.. menurut perkiraan saya… mungkin butuh waktu 200 tahun baru bisa bermain lagu2nya chopin!! :p

  79. Tabitha Ega
    October 2, 2013 at 12:03 pm

    Permisis saya mau tanya
    Apakah ada suggest buku buat latihan fingering selain Schmit ?
    dan bisa beli di mana untuk daerah Lampung ?

    • May 24, 2014 at 8:12 pm

      buku latihan fingering: HANON
      coba cari di google siapa tau ada yg jual online,
      atau cari yg versi ebook, download.. kemudian diprint

  80. deni
    November 3, 2013 at 2:10 am

    pak junaidi
    saya deny umur 20 tahun saya baru belajar keybord belum lama
    saya mau nanya kan ada kunci G (G B D) dan kunci C (C E G)
    yang jadi pertanyaan adalah …gi mana cara memainkan lagu nya…
    apakah di tekan bersamaan atau satu satu…
    tolong banget …soal nya saya baru belajar

    • May 24, 2014 at 7:14 pm

      cara memainkan lagunya:
      - latih tangan kiri main chord G atau C atau Dm atau Am atau dll… satu satu..
      - latih tangan kanan main melodinya, satu satu..
      - kemudian tangan kanan dan tangan kiri ditekan bersamaan

  81. Renee
    November 19, 2013 at 1:03 pm

    Hi Pak Jun….anak saya umur 11.5 Tahun. Dia sudah belajar piano klasik hampir 4.5 tahun. Sekarang les di P*** level II B. Klo dibandingkan dengan teman2 yang barengan dia sih kelihatannya dia Alhamdulillah termasuk lumayan cepat atau normal yaa….waduh saya kurang tahu juga nih. Tapi klo melihat jumlah level yang harus ditempuh yaitu sampai VIIIB..lama juga yaa….terus selama ini dia hanya belajar lagu2 sesuai kurikulum…padahal saya pengennya dia sudah mulai lagu2 karya komposer terkenal. Di level II A baru First Lesson in Bach. Apa memang begitu ya belajar piano klasik ? Perlu waktu lama sekali ? Atau mungkin Pak Junaidi ada informasi dimana belajar piano yang lebih intensive supaya anak saya bisa lebih maju. Lalu saya mau tanya soal ujian Trinity/Royal. Apa kelebihannya kalau mengikuti ujian semacam itu ? Makasih banyak pak.

    • May 22, 2014 at 8:51 am

      1. Sama seperti sekolah, masa iya anak kelas 3 SD dikasih soal2 ujian kelas 6 SD?? bisa modar si anak krn istilahnya “belum nyampe ilmunya..”,
      nah, kalau lagu2 terkenal dari komposer besar ibaratnya itu levelnya utk level SMP bahkan SMA.

      anak anda levelnya kelas 3 SD…
      yg soal2 ujian kls 6 SD aja ga sanggup dikerjakan…
      Apalagi ini disuruh ngerjain soal yg utk level SMP/SMA?? kasian anak anda ujung2nya bisa masuk rumah sakit jiwa nanti, hehehe (maaf sedikit lebay) :p

      jadi bu yg namanya Belajar piano selalu ada step2nya, kalau anak anda CERDAS bahkan JENIUS mungkin anak anda bisa dimasukkan ke kelas akselerasi atau percepatan. Guru anda pasti tau apakah anak anda jenius atau tergolong anak yg biasa. Logikanya kalau anak anda jenius lalu si guru istilah kasarnya “ngebego-begoin si murid” alias menahan laju proges kepintaran si murid dg sengaja.. maka guru anda tsb harus anda tinggalkan..
      hanya Tuhan dan guru piano anda saja yg tau bgmn kemampuan daya serap otak anak anda dlm belajar piano.

      2. Apakah ujian trinity/royal berguna?? utk apa??
      oke, perumpamaannya seperti ini. ada 2 orng, si A dan si B.
      Si A adalah lulusan SD tp penghasilannya 100 juta setiap bulan. Si A adalah pengusaha sukses!!
      Si B adalah lulusan S2 bisnis, sertifikat/penghargaannya banyak tp penghasilannya hanya 20 juta sebulan. si B adalah pengusaha sukses tp tdk se-sukses pengusaha A.

      kata si pengusaha B: “gua hebat dong lulusan S2 bisnis, nih ijasah gua, ini sertifikat gua! penghasilan gua 50 juta sebulan!!”
      lalu si pengusaha A membalasnya: “Gua lebih hebat lagi dong, cuma lulus SD, ga punya sertifikat atau ijasah tp penghasilan gua 500 juta sebulan!!!”
      (pengusaha B melongo kaget…) :p

      nah, ketika kita bermain piano, orng tdk akan melihat ijasah kita, tapi yang dilihat adalah SKILL kita ketika bermain piano!!

      kalau disuruh memilihi, anda kelak ingin anak anda menjadi spt apa? ingin menjadi spt si A atau spt si B??
      kalau saya… ingin anak saya kelak lulus bisnis punya sarjana S2 dan penghasilannya spt si A, hehhehe..

      jadi intinya, ijasah itu bisa berguna… bisa juga tdk berguna..
      kalau ingin menjadi guru piano, jelas ijasah sangat berguna utk melamar menjadi guru piano atau sbg sertifikat si anak utk keperluan nilai tambah utk pemberkasan dikemudian hari atau sbg pertimbangan utk diterima di SMA krn mempunyai sertifikat sbg nilai tambah atau utk masuk kuliah nanti atau sebagai dan lain2..
      tetapi ketika kita membuka sekolah musik sendiri dan kita yg menjadi bos di sekolah musik milik kita tsb?? saya pikir pasti ijasah yg kita miliki bs kita pajang sebagai pertimbangan calon murid krn melihat gurunya memiliki ijasah TRINITY/ROYAL.

      ok, semoga bermanfaat.
      Tks sdh berkunjung ke blog saya :)

  82. November 23, 2013 at 10:21 am

    Pak, saya selama ini belajar piano cuma dari partitur lagu2 saja, tapi untuk improvisasi lagu sendiri masih sangat kurang. Saya pernah les, tapi disuruhnya belajar menghafalkan 12 key 3 kelompok, fokus belajar chordal study, altered 1st position, altered 2nd position, half diminished, dll. Saya bingung apakah itu semua bisa meningkatkan kemampuan hearing dan improvisasi saya. Saya latihan tapi merasa tidak ada kemajuan, cuma fokus dengan belajar chord tanpa tau apa gunanya.
    Tolong pencerahannya, Pak. Saya iri dengan orang yang dengar lagu, lalu bisa langsung memainkannya dengan improvisasi yang sangat bagus, Saya ingin belajar step-stepnya untuk bisa menuju ke sana. Terima kasih banyak atas bantuannya sebelumnya.

    • May 22, 2014 at 8:15 am

      disuruh menghafalkan 12 key dan fokus di chord, itu semua merupakan TEKNIK dasar ilmu chord. kalau ilmu chord sdh dikuasi, dengan berjalannya waktu maka kemampuan ear training/hearing akan meningkat walaupun tdk signifikan.

      utk ilmu improvisasi memang butuh penjelasan khusus, tergantung gurunya, ada guru yg bs mengajarkan improvisasi (krn memang guru tsb jago improvisasi) dan ada juga guru yg tdk bisa mengajarkan improvisasi (krn memang guru tsb tidak bisa improvisasi).
      atau ada hal2 lainnya yg menyebabkan ilmu improvisasi tdk diajarkan langsung ke murid, utk info lebih lanjut silahkan tanyakan langsung ke guru piano anda.

      kalau saya, sebelum mengajarkan improvisasi, biasanya saya mengajarkan dulu ilmu chord. yaitu chord2 dasar (mayor dan minor). setelah chord dikuasai baru perlahan2 diberikan dasar2 improvisasi. Jadi bukannya langsung saya kasih materi improvisasi tanpa bekal yg cukup (chord).

      ini saya kasih referensi bila ingin melatih atau meningkatkan kemampuan ear training atau hearing:
      Silahkan instal software EAR MASTER, utk info lebih lanjut kunjungi di www. earmaster. com (mohon maaf saya bukan reseller dari produk tsb, tp krn saya melatih hearing saya menggunakan software tsb, hehehe…)

      Dan ini saya kasih tau caranya bila ingin melatih kemampuan Improvisasi dg cara otodidak:
      1. buka youtube
      2. di kolom pencarian, ketik: piano improvisation techniques
      3. pilih suka2 videonya
      4. pelajari dan PRAKTEKKAN!
      5. Selamat Belajar Improvisasi

      ok, met belajar hearing dan improv :)

  83. ardhan
    March 30, 2014 at 10:08 pm

    Umur saya 13 tahun,apakah saya sudah terlamabat untuk belajar piano klasik? , Apakah saya bsa menjadi pianis saat umur saya 25an? Oh ya,rencanaya saya nnti mau kursusu privat d purwacaraka,bagusa purwacaraka atau yamaha sih?

    • May 21, 2014 at 1:33 pm

      umur ardhan skrng 13 tahun?? berarti untk menuju ke umur 25th masih ada waktu (25-13) sekitar 12 tahun lagi.
      nah.. skrng ardhan harus punya target, umur 25 th harus jd pianis handal!!
      12 tahun adalah lama dan panjang, dg waktu 12 tahun sdh bisa belajar kemana2..

      syarat jago main piano adalah belajar dan belajar. kalau dlm 12 tahun ardhan belajarnya bukan piano tp malah main point blank atau main game RPG online perharinya main sampai 3 jam ya.. ardhan pasti jagonya main game2 tsb!!
      tp kalau km sanggup belajar piano perharinya 3 jam,, pasti kamu nanti jagonya main piano, bukan jago main PB atau CS :p
      silahkan buat jadwal latihan harian, usahakan latihan sehari minimal 3 jam.
      *sbg perbandingan, kevin/maxim/yiruma pasti belajarnya sehari minimal 3 jam (kalo ga percaya coba tanya aja ke orangnya) hehehe..
      intinya: LATIHAN LATIHAN LATIHAN
      (saya berani jamin kalau ardhan mulai sekarang latihan piano perharinya minimal 3 jam saya yakin 12 tahun yg akan datang ardhan pasti menjadi PIANIS HANDAL)

      pertanyaan berikutnya:
      kursus yg bagus yg mana?
      hmmm… saya ga bs menentukan yg lebih bagus yg mana.. yg jelas.. siapapun guru ardhan.. YG PALING BAGUS ADALAH ARDHAN LATIHAN PIANO PERHARINYA MINIMAL 3 JAM!!

      *** Ok, Selamat Berlatih Piano ***

  84. April 2, 2014 at 10:05 pm

    saya umur 23, masih bisa nggak yah? pengen deh bisa main piano smbil liat part (prima vista). basic sih dah ada tpi masih di bawah rata2.. hehehe *tear*

    • May 21, 2014 at 1:12 pm

      masih bisa lahh..
      jangankan yg umur 23, yg sdh berumur 50 tahun keatas juga bisa :D

      Prima vista adalah kemampuan membaca suatu part tertentu dg cara langsung tanpa pernah melihat/mempelajari lagu/part tsb sebelumnya. Prima vista disebut juga Sight Reading.
      jadi kalau kita melihat di toko buku salah satu buku piano lalu langsung membacanya dan sanggup memainkannya di piano dengan SEMPURNA tanpa latihan sebelumnya dan TANPA SALAH itu artinya kemampuan Sight reading / prima vistanya sudah hebat!!

      Tips jago prima vista:
      1. cari buku yg mudah dulu, ibarat cari yg level anak TK dulu, jangan belagu nyari buku yg levelnya utk SMP apalagi SMA!!
      2. pelajari, tamatkan buku anak TK tsb..
      3. (setelah satu buku anak TK tsb tamat) Cari lagi buku level anak TK yg lainnya.
      4. Pelajari, tamatkan lagi buku tsb..
      5. terus cari lagi buku2 anak TK yg lainnya.. cari sebanyak2nya.. kalau perlu hingga 10 buku atau puluhan buku!!
      6. Bila sdh menamatkan puluhan buku anak TK, otomatis level anda pasti naik, yaitu ke level kelas 1 SD (anda tdk akan sadar level anda naik, tp itulah kenyataannya)
      7. silahkan cari buku piano yg selevel dg level kls 1 SD, jgn sok belagu lompat ke buku yg level SMP apalagi SMA!!
      8. tamatkan lagi buku level kls 1 SD tsb, tamatkan 1 buku hingga puluhan buku.
      9. setelah menamatkan puluhan buku level kls 1 SD otomatis pasti level anda akan naik ke level kls 2 SD (anda tidak akan pernah sadar kalau level anda perlahan2 naik…)
      10. dst… dst… dst.. sampai level anda naik dan terus naik tanpa anda sadari anda sudah berada di level SMP atau bahkan skrng anda sudah berada di level SMA!!! :)

      *intinya: bila ingin jago prima vista maka banyak2lah membaca notasi balok dan menamatkan buku piano!!
      Ok, met belajar prima vista :)

  1. December 9, 2009 at 8:25 pm
  2. December 23, 2009 at 9:28 am
  3. December 23, 2009 at 9:56 am
  4. December 24, 2009 at 10:43 am
  5. December 25, 2009 at 10:50 am
  6. December 26, 2009 at 11:16 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 25 other followers

%d bloggers like this: