Home > Tips & cara bermain Piano > Belajar Main Piano Bagi Pemula

Belajar Main Piano Bagi Pemula

BELAJAR MAIN PIANO BAGI PEMULA

 

Kali ini saya akan memberikan tips belajar main piano bagi pemula. Apa saja yang perlu dipelajari untuk belajar piano bagi pemula dan tips cara berlatihnya.

 

Sebelumnya saya akan menjelaskan perbedaan piano akustik, piano digital dan keyboard:

  • Piano akustik terdiri dari 7 oktaf dimainkan tanpa menggunakan listrik.
  • Piano digital adalah tiruan dari piano akustik, tuts pianonya dibuat sedemikian rupa menyerupai piano akustik, berat dan besar tutsnya sama dengan piano akustik juga terdiri dari 7 oktaf, memainkan piano digital menggunakan listrik.
  • Keyboard terdiri dari 5 oktaf, berat tutsnya lebih enteng daripada piano dan lebar atau besar tutsnya lebih kecil dari piano. Keyboard biasa digunakan dipertunjukan organ tunggal dan band.

 

Belajar main piano bagi pemula yang pertama diperhatikan adalah alat musiknya, bila belajarnya langsung menggunakan piano akustik/digital maka jari akan menjadi kuat karena tutsnya berat. Tetapi bila belajarnya di keyboard yang tutsnya lebih enteng, ketika suatu hari mencoba bermain di piano dipastikan jari akan kewalahan nekan tutsnya karena tuts keyboard sangat enteng.

 

Apakah bisa belajar piano main piano bagi pemula menggunakan keyboard? Tentu saja bisa, contohnya saya🙂

Saya (pemilik blog ini) belajar piano medianya menggunakan keyboard. Setelah 4 tahun belajar di keyboard akhirnya saya berkesempatan belajar di piano. Yaah… karena saya terbiasa dengan tuts yang enteng (keyboard) akhirnya ketika menekan tuts piano saya kewalahan karena jari harus beradaptasi dengan tuts yang berat.

 

Bagi anda yang masih tahap awal belajar pianonya alias belajar main piano bagi pemula berikut tipsnya:

  • pertama pelajari cara menekan tuts piano dengan benar, perhatikan jari-jarinya, rasakan sentuhannya ketika jari menekan tuts piano. Silahkan buka youtube, tonton permainan piano lalu perhatikan jarinya.
  • Pelajari dan hafalkan chord dasar seperti C, Dm, Em, F, G, Am dll. Silahkan buka youtube, ketik: chord piano

 

Sementara hanya dua tips diatas yang saya berikan saat ini, silahkan pelajari bagaimana cara menekan tuts yang benar dan hafalkan chord-chord dasar. Untuk tips berikutnya silahkan telurusi blog saya ini.

Selamat belajar main piano bagi pemula.🙂

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

