Guru Piano

GURU PIANO – Tips memilih guru piano


Setiap guru piano memiliki skill dan karakter yang berbeda-beda antara guru piano yang satu dengan guru piano lainnya. Ada guru piano yang memiliki skill lumayan, ada guru piano yang skillnya biasa-biasa saja bahkan ada juga guru piano yang skillnya pas-pasan atau bahkan kurang.

(skill = kemampuan bermain piano)

Karakter setiap guru piano juga berbeda-beda. Dari guru piano dengan sifat pemarah, tidak sabaran, dingin hingga guru piano yang penyabar, murah senyum, melayani siswa dengan hati dan lain-lain.

Apakah karakter seorang guru piano mempengaruhi hasil belajar siswa?

Mari kita perhatikan apakah karakter mempengaruhi hasil belajar siswa  atau tidak.

Sebagai contoh ada seorang guru piano dengan sifat pemarah dan tegas. Umumnya guru piano dengan sifat tersebut “galak” dalam mengajar dan biasanya dimusuhi oleh murid. Mengapa ditakuti murid? Kalau murid tidak latihan piano maka sang guru piano tidak segan-segan memarahi si murid!

Anak anda dijamin tidak nyaman bila les piano dengan guru  piano tersebut, apalagi kalau anak anda tidak latihan atau PR-nya tidak dikerjakan, maka anak anda semakin gemeteran ketakutan saat-saat penantian kedatangan sang guru piano. Bisa-bisa anak anda membenci les piano karena guru piano nya galak.

Walaupun beberapa karakter guru piano ada yang galak tapi sangat baik untuk keberhasilan anak anda, dijamin kemajuan belajarnya cepat. Kelemahannya hanya kemungkinan besar anak anda membenci piano atau sulit menikmati permainan pianonya.

Saya (penulis) punya teman seorang pianis dengan umur sekitar 25 tahunan, beliau belajar piano sejak kecil dan dididik dengan sangat keras oleh ayahnya. Karena ayahnya berambisi anaknya harus pintar dan berhasil menjadi pianis hebat, sang ayah tidak segan-segan menggunakan kekerasan dalam mengawasi anaknya berlatih piano! Dalam sehari selalu diberikan jadwal latihan khusus, bila tidak latihan, si anak harus menerima cambukan dari sabuk ayahnya ke punggungnya! Bekas luka cambukannya masih terlihat hingga sekarang. Sewaktu kecil ia selalu saja dimarahi ayahnya kalau tidak latihan dan dicambuk bila benar-benar menolak latihan piano, tidak jarang berlatih piano sambil menangis meraung-raung.

Apa yang terjadi dengan nasib teman saya tersebut? Ternyata, walaupun ia sering menerima cambukan tapi prestasinya sangat banyak. Ia sering memenangkan festival dan lomba. Skill bermain pianonya juga sangat istimewa tapi sayang, ia mengakui  bahwa sebenarnya ia paling benci dengan piano. Walaupun pintar bermain piano tapi ia tidak pernah menikmati permainan pianonya. Wajar saja bila ia membenci piano karena sudah terekam dialam bawah sadarnya, piano itu sama dengan kekerasan, cambukan, latihan piano sama dengan bentakan, tangisan dan paksaan.

Kenalkah anda dengan Beethoven? Ternyata pengalaman Beethoven kecil belajar piano sama seperti pengalaman yang dialami teman saya itu. Beethoven belajar piano sejak balita dengan paksaan dan tidak jarang berlatih piano sambil menangis. Beethoven mengakui bahwa iapun tidak pernah menikmati permainan piano hingga beranjak dewasa dan lepas dari cengkraman ayahnya barulah ia mengakui piano itu indah, musik itu indah. Jadilah ia seorang komposer dan pianis tersohor dijamannya.

Cara mengajar atau metode pembelajaran juga selalu berbeda antara guru piano yang satu dengan guru piano yang lain. Bila anda atau anak anda les piano dengan guru piano tertentu, lalu beberapa bulan kemudian pindah ke guru piano lain maka anda atau anak anda harus beradaptasi menyesuaikan gaya pengajaran guru piano anda yang baru.

Lalu, seperti apakah guru piano yang bagus dan cocok untuk anda atau anak anda?

Guru piano yang bagus dan baik yaitu guru piano yang murah senyum, tegas tapi ramah, menerima murid sebagai manusia, melayani murid dengan hati, kreatif, memiliki skill dan yang paling penting menguasai metode pembelajaran piano.

Perlu diingat!

Sehebat apapun guru piano anda kalau anda atau anak anda jarang latihan maka kemajuannya sangat lambat. Guru piano tugasnya hanya menuntun dan mengarahkan murid, dalam satu minggu murid bertatap muka dengan guru piano sekitar ½ jam hingga 1 jam, sisanya, murid latihan mandiri dengan jadwal latihan yang sudah direncanakan.

* Butuh guru privat piano??  klik => disini

  1. lidya
    January 16, 2011 at 2:27 pm

    salam kenal pak junaidi.. adakah cara untuk memotivasi anak agar mau berlatih piano??
    trimakasih..

    • January 17, 2011 at 6:56 am

      mungkin bisa dimotivasi dengan diajarkan lagu2 yg disukainya, kalau usia TK s/d SD kelas 2 bisa diberikan lagu anak2 yg pernah ia nyanyikan sewaktu TK atau awal2 SD,
      kalau ia suka dg lagu2 pop bisa saja dicarikan lagu2 yg disenanginya tapi yg mudah dipelajari, bila ingin memberikan lagu2 pop perlu diperhatikan lirik atau syairnya, krn menurut saya banyak lagu2 masa kini yg tidak layak dinyanyikan oleh anak2 krn syairnya yg tdk mendidik.

      nah, kalau anak belum pernah bermain piano sama sekali lalu ingin dimotivasi supaya tertarik dg piano, mungkin ibunya bisa memainkan lagu2 yg sederhana di piano, yaitu lagu2 TK yg biasa dinyanyikan anak yg dimainkan di piano oleh ibunya atau ayahnya atau kakaknya.
      Dengan terus mendengarkan permainan lagu2 anak di piano, mudah2an si anak menjadi tertarik dg piano.

  2. July 21, 2011 at 8:53 pm

    malam pak junaidi………!!!!!!!!!
    apa bisa umur 23thun belajar piano dari dasar pak..????
    trus gimana cara metode yang baik dan cepat mengerti belajar piano pak sedangkan umur saya sudah 23 tahun pak……..?????
    trima kasih pak…..!!!!
    wassalam

    • October 4, 2011 at 2:17 pm

      bisa kok, ga masalah, metodenya sama saja. Mempelajari posisi duduk, tangan, jari dan cara menekan tuts dg benar lalu mempelajari notasi balok dst….

  3. April 20, 2012 at 3:28 pm

    sore pak…
    gmn cara agar bisa cpt membelajarkan piano…
    karna g ga pernah main piano
    g ingin bljr…
    tapi g ga tw metode nya…
    ble kah anda ble memberitau ke saya ga
    trima kasih pak junaidi

    • September 15, 2012 at 9:54 pm

      silahkan anda buka youtube,
      lalu ketik:
      how to play piano

      ok, selamat belajar piano🙂

  1. December 24, 2009 at 10:43 am
  2. December 25, 2009 at 10:51 am
  3. December 26, 2009 at 11:16 am
  4. January 1, 2010 at 2:52 pm
  5. January 1, 2010 at 3:07 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: