Home > Les Piano / Kursus Piano > Piano Private

Piano Private

PIANO PRIVATE – Private Piano


Piano private guru ke rumah banyak diminati oleh orang tua yang ingin anaknya les piano tanpa perlu repot-repot pergi ke tempat les. Cukup fleksibel, waktu dapat disesuaikan dengan jadwal murid. Hanya saja anda harus mengeluarkan biaya ekstra karena biaya untuk mendatangkan guru piano private ke rumah bisa dibilang cukup tinggi dibandingkan dengan biaya les piano di sekolah musik.

Kalau masalah biaya tidak menjadi masalah bagi anda maka anda bisa mendatangkan guru piano private ke rumah untuk anak anda atau anda sendiri. Anda harus tepat dan cerdas dalam memilih guru piano private.

Kelebihan piano private guru ke rumah:

–         Jadwal les sangat fleksibel, guru piano private menyesuaikan waktu dengan jadwal murid. Kalau murid tidak bisa les suatu waktu maka sewaktu-waktu jadwal bisa dirubah ke hari lain sesuai kesepakatan.

–         Anda atau anak anda tidak perlu repot-repot pergi ke sekolah musik, cukup duduk manis dirumah menanti kedatangan guru piano private anda.

–         Murid bisa belajar dengan bebas, nyaman dan tenang karena berada dirumahnya sendiri.

Kekurangan piano private guru ke rumah:

–         Anda tidak mendapat rapot atau ijazah. Les piano private di sekolah musik setiap selesai ujian kenaikan tingkat / level maka rapot selalu diberikan. Kalau piano private di rumah tidak ada ijazahnya. Menurut saya (penulis), ijazah / rapot tidaklah penting, yang penting adalah anda atau anak anda bisa bermain piano dengan baik dan benar.

–         Di sekolah musik biasanya selalu ada even-even tertentu untuk membiasakan murid-murid tampil didepan umum, maka diadakanlah acara seperti “konser bersama” yang diadakan di gedung pertunjukkan, caffee atau bahkan di mall (tergantung sekolah musik masing-masing). Kalau les piano private guru ke rumah, guru tidak mengikut sertakan muridnya mengikuti even-even seperti pada sekolah musik kecuali beberapa guru tertentu.

Artikel lainnya =>

Tips Belajar Piano

butuh guru piano privat (khusus Jakarta)? klik => disini

__________________________________________________________________________________________

  1. C
    November 4, 2011 at 7:30 am

    Salam kenal pak, saya baru mau mulai belajar piano tapi saya bingung harus mulai dari mana. Bisa tolong di kasih tau gak pak tahapan-tahapan pembelajaran piano untuk begginner. Tolong di balas ya pak.

    Terima kasih.

    • November 7, 2011 at 9:59 pm

      tahapan untuk level beginner:
      1. Posisi duduk, posisi tangan saat memainkan piano dan cara menekan tuts piano dengan benar.
      2. Latihan atau senam penjarian pada piano.
      3. Membaca notasi balok tingkat dasar.
      4. mempelajari lagu-lagu yang mudah.

  2. C
    November 6, 2011 at 10:21 am

    Wah…terima kasih banyak pak udah replay comment saya. Sy mau nanya lagi pak…
    1. Banyak orang yang bilang klo mw belajar piano itu sebaiknya dari klasik klo misalnya nanti mau ke pop atau jazz jadi gampang, tapi ada juga yang bilang klo misalnya mau belajar pop mending belajarnya langsung dari awal karena klo belajarnya dari klasik nanti bisa sampai tua baru bisa main popnya? saya jadi bingung…mohon pencerahannya pak…
    2. Saya dirumah cuma punya keyboard Yamaha PSR E423 buat modal belajar piano, saya uda baca tulisan bapak yang mengatakan klo tuts pada keyboard beda dengan tuts pada piano, apakah itu berarti saya wajib membeli piano? klo harga piano digital yang tutsnya hampir mirip dengan piano akustik tapi harganya dibawah 4 jutaan ada gak pak?

    oh…iya nama saya Charlie pak..umur 19 tahun..saya udah add FB bapak tolong di confirm ya pak…

    mohon di replay ya pak….

    Terima kasih.

    • November 7, 2011 at 9:38 pm

      1. berapa lama belajar piano klasik sebelum mendalami piano pop?
      menurut saya semakin tinggi level di piano klasiknya maka semakin bagus, kalau piano klasiknya masih pemula lalu belajar piano pop biasanya menemui banyak kesulitan seperti menekan chordnya jarinya masih belum kuat. Kalau begitu kita ambil jalan tengahnya, mungkin bagusnya mengenali piano pop sekitar di level 3 keatas.

      logikanya kalau kemampuan piano klasiknya masih di level basic/elementer otomatis kalau ia belajar piano pop pasti sanggupnya hanya memainkan lagu yg aransemennya sangat sangat sederhana yg dikhususkan utk pemula atau level elementer.
      Begitu juga bila di piano klasik levelnya sudah tinggi dan jari sudah sangat lentur dan lincah maka otomatis ia pasti sanggup memainkan lagu-lagu pop yang aransemennya rumit dimana dibutuhkan kelenturan dan kelincahan jari🙂

      intinya, semakin tinggi level klasiknya maka semakin bagus utk memulai piano pop.
      apakah perlu sampai tua belajar piano klasik?
      dari level elementer sampai level 3 dibutuhkan sekitar 3-4 tahun, masa iya sih bisa sampai tua main piano popnya??
      yah kalau seandainya ada murid yg sudah menginjak umur 50 tahun baru belajar piano klasik itu sih dah tua namanya yah otomatis pasti bisa sampai lebih tua lagi lah main popnya karena kan dari umurnya saja sudah tua,, :p

      2. apakah wajib membeli piano akustik?
      tidak wajib! disesuaikan saja dengan dananya, jangan dipaksa beli piano klasik kalau dananya tidak mencukupi, piano digital yg harganya dibawah 4 jutaan siapa tau ada, kalau ga dapet yg baru cari aja yg second, seperti merek Casio tipe privia saya rasa ada juga yg murah, atau mungkin ada merek lainnya coba saja cari di Google

  3. C
    November 8, 2011 at 6:42 am

    Sekali lagi terima kasih pak udah replay comment saya, saya sangat berterima kasih karena bapak sudah mau berbagi tentang piano, terus terang blog bapak sangat-sangat membantu saya (bahkan saya yakin juga untuk semua yang membaca blog ini) yang mau belajar piano, saya ada pertanyaan lagi pak, setiap orangkan memiliki definisi yang berbeda-beda tentang musik, banyak orang yang memainkan musik untuk kesenangan mereka, ada juga yang bermain musik untuk meluapkan perasaannya, ada juga yang bermain musik untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu dll. Tapi banyak orang yang sesungguhnya tidak mengerti arti sesungguhnya dari musik itu sendiri. Nah…pertanyaan saya pak, untuk apa bapak bermain musik? dan apa sih arti musik buat bapak?

    sekali lagi terima kasih banyak ya pak karena sudah mau berbagi….

    God bless you always and forever…🙂

    • November 8, 2011 at 8:32 am

      hmmm.. skrng pertanyaannya bukan tentang piano lagi nih :p
      Arti musik menurut saya dan untuk apa saya bermain musik ya? oke deh, saya coba jawab krn yg ini sifatnya sharing.
      yg pertama saya akan menjelaskan definisi musik terlebih dahulu:

      Musik merupakan bunyi yang diterima oleh individu atau kelompok berdasarkan sejarah, budaya, lokasi dan selera. Definisi musik sangat luas, diantaranya:
      – Musik adalah bunyi-bunyian yang ditangkap oleh indera pendengar.
      – Musik adalah suatu karya seni dengan segenap unsur pokok dan pendukungnya.
      – Musik adalah segala sesuatu yang dihasilkan secara sengaja yang disajikan sebagai musik baik oleh seseorang maupun sekumpulan manusia.

      Definisi musik pada Kamus Besar Bahasa Indonesia yaitu:
      – ilmu atau seni penyusunan nada/suara, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yg mempunyai kesatuan & kesinambungan.
      – Nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan (terutama yang menggunakan alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu).

      Menurut M.Soeharto dalam buku “Kamus Musik” dijelaskan bahwa pengertian musik adalah pengungkapan melalui gagasan melalui bunyi, yang unsur dasarnya berupa melodi, irama, dan harmoni dengan unsur pendukung berupa gagasan, sifat dan warna bunyi.

      Pengertian musik pada wikipedia yaitu bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera seseorang.
      Menurut Aristoteles musik mempunyai kemampuan sebagai terapi rekreatif, mendamaikan hati yang gundah dan menumbuhkan jiwa patriotisme.

      nah, menurut saya arti / pengertian / definisi musik adalah… yahh… kurang lebih sama lah atau saya sependapat dengan sumber2 artikel tersebut :p

      Pertanyaannya untuk apa saya bermain musik dan seberapa pentingkah musik dalam hidup saya?
      sebelumnya saya ingin sedikit bercerita,
      Saya menyenangi musik dari kecil, masa2 SMP-SMA saya tergila2 dg musik klasik dan paling senang dengan yang namanya piano karena saya denger lagu2 klasik pd piano itu enak2. mulailah saya belajar menekan tuts dan membaca notasi balok. Semakin lama saya belajar semakin saya bisa merasakan kenikmatan bermain musik khususnya piano. Saya mulai bisa meluapkan emosi/perasaan saya melalui musik.
      krn di masa sekolah saya senang dg pelajaran musik dan ingin mendalami ilmu musik lebih dalam lagi, saya pun kuliah di jurusan musik, khususnya pendidikan seni musik.
      nah, karena kuliah saya di jurusan ‘pendidikan seni musik’, otomatis saya mendapatkan bekal untuk menjadi guru musik/instruktur/pelatih / apalah itu namanya :p

      berhubung saya senang dengan piano maka saya pun menjadi instruktur piano.
      ditambah lagi bahwa untuk bertahan hidup di dunia ini perlu yang namanya mencari nafkah supaya dapur tetap ngebul maka… ya… saya pun memantapkan diri mencari nafkah melalui musik,
      sudah diketahui kalau latar belakang pendidikan saya adalah sarjana ilmu pendidikan seni musik, artinya kehidupan sehari2 saya lebih banyak dihabiskan untuk mengajar, mengajar dan mengajar. Entah mengajar di lembaga kursus musik, privat, atau sekolahan. Sedangkan sisanya saya mencari job-job yg berhubungan dg profesi dan kemampuan saya seperti menjadi arranger/menerima pesanan pembuatan musik, bermain piano utk acara2 khusus, menjadi juri, dan lain2.

      kalau ada yg bilang saya bermain musik utk hidup maka saya tidak akan menyanggahnya.
      kalau ada yg bilang saya bermain musik utk berekspresi, meluapkan imajinasi dan emosi maka saya tidak akan menyanggahnya juga.
      kalau ada yg bilang saya bermain musik / mengajar musik utk mencerdaskan bangsa maka saya pun tidak menyanggahnya😀

      nah, kalau ada yg bilang saya bermain / mengajar musik supaya bisa jadi presiden R.I itu sih ga nyambung namanya, ya pasti saya sanggah lah, hahaha :p

      oke, demikianlah sedikit cerita dari saya.
      Thanks sudah berkunjung ke blog saya🙂

  4. Asri
    February 14, 2012 at 4:32 pm

    Pak sy cr guru private piano untuk daerah rumah sy jakarta timur. Kemana sy bs hubungi??

    • March 16, 2012 at 8:09 pm

      silahkan hubungi saya: 08151885374

  5. Tenri Arif Rianto S
    August 27, 2012 at 10:29 pm

    pak, saya mau bertanya,, saya pernah melihat musisi piano,, dia disuruh mendengarkan 1-2 menit sebuah lagu.. setelah itu dia disuruh memainkan lagu itu,, dan ternyata nada / not nya tidak ada yang salah.. pertanyaan saya ,, agar bisa seperti musisi diatas yang cepat tanggap dalam menentukan nada / not gimana ya ? kira2 berapa lama latihan nya ?
    Terima kasih..
    Nama saya Tenri Arif Rianto S.

    • September 16, 2012 at 1:04 am

      mendengarkan lagu baru hanya sekali dengar saja lalu bisa memainkan kembali dg not yg SEMPURNA dan TANPA SALAH??
      jangankan anda, saya pun ingin bisa seperti itu!!

      itulah yg namanya bakat.
      bakat setiap orang tdk sama,
      kalau saya… ingin sekali men-copy bakatnya mozart lalu dimasukkan ke otak saya!
      hahaha
      MIMPI KALEEEE????
      :p

      OK, tetap semangat!

  6. September 9, 2012 at 12:23 pm

    pak…gi mana mau maen piano…aku nggak tahu…

    • September 16, 2012 at 1:37 pm

      caranya daftar dulu di sekolah musik terdekat. nanti disana diajarin cara mainnya.
      atau kalau ga mau les piano coba deh buka youtube trus ketik: HOW TO PLAY PIANO
      silahkan belajar dari situ, GRATIS!!!
      kalo ga ngerti krn bahasa inggris silahkan daftarkan diri di tempat kursus bahasa inggris terdekat.
      atau kalau ga mau les bahasa inggris juga coba deh buka youtube trus ketik: LEARN ENGLISH atau ENGLISH LESSON atau ENGLISH FOR CHILDREN atau dll..
      Semuanya GRATIS!!

      hehehe😀

  7. Agustinus
    September 11, 2014 at 10:50 am

    Pak saya sudah tua umur 47 tahun, apakah menurut bapak saya sudah terlalu tua untuk dapat memulai belajar piano ? Saya hanya ingin bisa memainkan musik pop bukan lagu-lagu klasik.

    • November 10, 2014 at 8:57 am

      belajar piano untuk hobi tidak masalah pak dimulai pada usia diatas 40 tahun, bahkan saya pernah mengajar piano pensiunan usia diatas 60 tahun.
      kalau nanti ketemu guru piano yg cocok, bilang saja mau belajar piano pop, minta diajarkan chord lagu.
      Ok, selamat belajar piano🙂

  1. December 9, 2009 at 10:40 pm
  2. December 23, 2009 at 9:28 am
  3. December 23, 2009 at 9:56 am
  4. December 24, 2009 at 10:43 am
  5. December 25, 2009 at 10:50 am
  6. December 26, 2009 at 11:16 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: